Robot Kecoa Yang Dapat Mendeteksi Suara

Bagi sebagian orang, kecoa adalah binatang menjijikkan, yang membuat Anda menjerit jika melihatnya. Namun suatu hari nanti, kecoa mungkin akan terlihat seperti superhero di mata beberapa orang. Para peneliti dari North Carolina State University telah mengembangkan cara untuk membuat robot kecoa atau cyborg, yang dapat mendeteksi dan menemukan sumber suara (misalnya, suara seseorang), sehingga dapat digunakan dalam misi pencarian dan penyelamatan.

robot, cyborg, teknologi, robot kecoa

Selain itu, peneliti juga telah mengembangkan sebuah teknologi "pagar tak terlihat" untuk menjaga robot kecoa tersebut dalam suatu daerah tertutup. Pada punggung kecoa juga terdapat ransel yang berupa sensor dan rangkaian elektronik, yang memungkinkan para ilmuwan untuk mengontrol pergerakan kecoa.

Pada ransel ini dilengkapi dengan mikrofon tunggal yang dapat menangkap suara yang kemudian dikirim ke responden pertama. Robot ini juga ada yang dilengkapi dengan sebuah mikrofon 3D, yang dapat menentukan dari mana suara itu berasal, yang menjadikan robot ini efektif dalam menemukan orang yang terjebak di dalam reruntuhan bangunan, misalnya.

Kecoa ini bekerja sama sebagai sebuah tim dan harus berada dalam jangkauan satu sama lain, oleh karena sebab itu, para peneliti juga merancang sebuah teknologi pagar tak terlihat. Pagar ini tidak hanya dapat mencegah robot tersesat terlalu jauh, tetapi juga membawa robot ke sumber cahaya untuk mengisi ransel yang bertenaga surya.

Jika Anda ingin melihat lebih jelas tentang bagaimana kecoa cyborg ini bekerja, lihat saja video di bawah ini untuk melihat mereka beraksi.



Via: TechCrunch
Source: NC State University