Panduan Update Manual Samsung Galaxy ACE 2 dengan Android Kitkat 4.4.2

Samsung Galaxy ACE 2 sekarang dapat diperbarui dengan OS Android KitKat 4.4.2 yang dilengkapi dengan fitur dan kemampuan yang tidak tersedia di Android ICS atau Jellybean 4.1. Dikarenakan Samsung belum meluncurkan secara resmi firmware Kitkat 4.4.2 untuk Galaxy ACE 2, kita akan mendapatkan KitKat 4.4.2 dari Cyanogen Mod. Pembaruan ini adalah firmware custom ROM dan bukan firmware resmi yang dirilis oleh Samsung, untuk itu harap perhatikan langkah-langkah yang akan disebutkan dibawah ini.

manual update, Galaxy ACE 2, KitKat 4.4.2, pembaruan


Persiapan

Semua data di Samsung Galaxy ACE 2 sebaiknya dibackup terlebih dahulu dengan bantuan langkah-langkah di bawah dan tidak dengan Samsung Kies untuk memastikan bahwa data dapat dipulihkan secara manual.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log and Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”.

Pastikan bahwa baterai ponsel tersisa minimal 50%, untuk memastikan ponsel tidak mati di tengah update firmware. Pastikan juga USB Debugging di Galaxy ACE 2 sudah diaktifkan melalui "Settings> Applications> Development> USB debugging".

Karena ini bukan update resmi, pastikan bahwa ponsel telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store.

Dan jika ternyata ponsel belum di-root, silakan lihat artikel tentang panduan rooting perangkat Android yang bisa dilihat disini.  Perlu juga dipastikan bahwa Anda tidak membuat backup dengan bantuan aplikasi ROM Manager.

Dengan asumsi bahwa Anda telah melakukan semua langkah-langkah yang disebutkan di atas, mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menginstal versi terbaru dari Kitkat 4.4.2 dengan bantuan Cyanogen MOD.

Prosedur untuk Update Galaxy ACE 2 dengan Android KitKat 4.4.2 :

Download paket Firmware Cyanogen Mod 11 dan Paket Google Apps untuk Galaxy ACE 2 ke komputer. Setelah di-download, hubungkan ponsel dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di SD Card ponsel.

Matikan ponsel untuk masuk ke recovery mode.

Tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume Up untuk masuk ke mode recovery. Untuk masuk ke mode recovery bisa juga dengan bantuan aplikasi ROM Manager, yang dapat Anda download di Google Play Store.

Dalam mode recovery, pilih “Clear Data” dan “Wipe Cache” untuk menghapus data dan menghapus cache pada ponsel.

Setelah data dihapus, pilih opsi "install zip from sd card" dan kemudian pilih file zip firmware Cyanogen Mod 11 yang telah Anda tempatkan dalam sd card dan kemudian diikuti dengan paket Google Apps. Ini akan memakan waktu sekitar 4 -5 menit untuk menerapkan kedua file zip pada ponsel.

Setelah selesai, pilih "go back" dan pilih opsi "reboot in normal mode" untuk me-reboot perangkat secara normal. Harap dicatat bahwa mungkin kadang-kadang memakan waktu lebih dari 3 -4 menit untuk reboot perangkat dalam modus normal.

Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan force close error, boot lagi dalam mode recovery dan kemudian hapus cache dan hapus data untuk reboot lagi dalam mode normal.

Anda dapat memeriksa apakah firmware telah berhasil diterapkan atau tidak dengan melihat pada bagian "Settings"> "About Phone" yang akan menampilkan versi Android saat ini adalah Kitkat 4.4.2.

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal (boot loop), keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal. Jika masih terjadi, ulangi langkah-langkah diatas dari awal.