Cara Memperbaiki Error Saat Instalasi Aplikasi Android - Memori Tidak Cukup

Dengan peningkatan jumlah Aplikasi dan ukuran data pada ponsel/tablet, kerap menimbulkan pesan kesalahan "Error memori tidak cukup" menjadi umum ketika menginstal Aplikasi. Jika Anda mendapatkan error ini, coba  periksa data memori yang tersedia dan jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup tapi masih mendapatkan kesalahan ini, coba ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menyingkirkan pesan Error tersebut, dan anda dapat menginstal aplikasi dengan mudah tanpa kerumitan apapun.

Pesan ini sering muncul ketika Anda mendownload atau mentransfer file media berukuran besar dan atau menginstall aplikasi berukuran besar pada perangkat android Anda.

Catatan: Periksa memori di pengaturan perangkat Android Anda dan pastikan bahwa data yang tersedia memadai. Jika data tidak tersedia, Anda perlu menghapus beberapa file Music, Video, Foto atau Uninstall beberapa Aplikasi untuk membebaskan ruang memori.

Cara untuk memperbaiki kesalahan saat instalasi aplikasi Android - Memori tidak cukup:

Download dan install App Cache Cleaner - 1Tap Clean dari Play Store

Aplikasi ini sebesar 2MB, jadi mungkin perangkat Anda akan menunjukkan pesan kesalahan dalam menginstal aplikasi ini juga.

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menjalankan aplikasi. Secara otomatis akan menghitung ukuran cache dari semua aplikasi pada perangkat.

Setelah ukuran cache dihitung, Anda akan mendapatkan pilihan untuk menghapus cache semua aplikasi sekaligus dengan mengklik tombol Clear pada bagian bawah layar.

Atau menghapus cache aplikasi secara terpisah dengan mengklik ikon Dust Bin terletak di sisi kanan setiap nama Aplikasi.

Anda dapat melihat bahwa cukup banyak ruang memori yang dibebaskan dan sekarang Anda dapat dengan leluasa menginstal aplikasi.

Untuk memastikan bahwa cache Anda tidak menumpuk lagi, Anda bahkan dapat membuat jadwal
pengingat untuk mengingatkan Anda ketika Cache mencapai sejumlah ukuran tertentu atau untuk mengingatkan Anda dalam interval waktu tertentu, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

tips trik, Error Instalasi, aplikasi android, App Cache Cleaner, Cache, 1Tap Clean, android


Anda juga dapat menjadwalkan Aplikasi untuk melakukan "Auto Clear All Cache" pada interval waktu tertentu dengan mengklik ikon 3 titik di sisi kanan atas layar> Settings> Gulir ke bawah dan klik pada "Auto Clear Interval" dan menetapkan batas waktu yang diinginkan untuk Auto Cache clearing dalam interval yang dijadwalkan.

Membersihkan Cache adalah cara terbaik untuk menghapus atau melegakan ruang memori. Cache adalah penyimpanan sementara dari data aplikasi, dokumen web seperti halaman HTML dan gambar, untuk mengurangi penggunaan bandwidth, beban server, dan lag. Sebuah file cache menyimpan salinan dokumen untuk melewati itu.

Enhanced by Zemanta