Fakta-fakta Menarik Tentang Tubuh Kita

sains, tubuh manusia, fakta tubuh manusia

Tuhan telah menciptakan begitu banyak keajaiban di alam semesta ini. Namun, hanya sedikit fakta mengenai keajaiban alam yang baru diketahui, seperti keajaiban tentang tubuh kita sendiri yang kadang tidak kita sadari. Dari mulai jantung yang memompa darah setiap hari, sampai otak yang bekerja secara mengejutkan.

Berikut ini adalah sebagian fakta-fakta mengenai tubuh manusia yang harus kita tahu:

1. Jantung yang terus berdenyut
Jantung adalah bagian tubuh yang selalu bekerja keras sepanjang hari. Setiap hari jantung menciptakan energi yang bisa menggerakkan sebuah kereta sepanjang 30 km. Sepanjang hidup itu sama dengan jarak dari bumi ke bulan, pulang pergi.

2. Otak yang mempesona
Otak terdiri dari 60 persen lemak, tapi bagian tubuh ini juga bekerja keras sepanjang hari. Setiap saat, setiap waktu bagian tubuh ini bisa menghasilkan tenaga setara 25 watt yang bisa menyalakan sebuah bola lampu.

3. Kulit yang terus tumbuh
Kulit selalu memperbaharui diri. Setiap menit 50,000 sel kulit rontok sepanjang hari. Seumur hidup itu setara dengan 18.1 Kg kulit.

4. Kekuatan pikiran
Otak kita selalu bekerja. Para peneliti mengatakan rata-rata otak kita berpikir 70,000 kali dalam sehari -- dan sebenarnya lebih aktif justru saat tertidur.

5. Tulang-tulang yang berkurang
Saat lahir kita mempunyai 300 tulang, tapi saat dewasa kita hanya mempunyai 206 tulang. Ini karena beberapa tulang bergabung menjadi satu.

6. Janin yang mampu melihat
Janin di dalam rahim membangun 8,000 sel otak baru setiap detik. Bayi yang baru lahir bisa mengenali wajah ibunya hanya beberapa jam usai lahir.


7. Indra yang menawan
Para peneliti menemukan bahwa korteks penglihatan dari seorang yang buta bisa menghantarkan stimulus yang diterimanya ke indra sentuh dan indra dengar, sehingga dia bisa "melihat" dengan cara menyentuh dan mendengar.

8. Otak yang tak berasa
Otak sendiri tidak bisa merasakan sakit dan juga merasakan apapun, itulah sebabnya dokter bisa membuka tengkorak pasien untuk melihat otak saat sang pasien tersadar.

9. Daya pompa jantung
Sepanjang hidup rata-rata jantung memompa 1.5 juta barel darah. Jantung manusia bisa memompa darah ke atas setinggi 9.1 meter.

10. Kecepatan bersin
Bersin bisa meluncur 64 km/jam. Itu sama dengan kecepatan lari seekor harimau.

11. Pnjang arteri
Jika pembuluh arteri, vena dan kapiler dibentangkan dari ujung ke ujung, panjangnya bisa mencapai 10,000 km. Itu sama dengan jarak dua setengah kali mengitari planet-planet.

12. Rambut yang tumbuh
Rambut tumbuh 6 mm setiap empat pekan dan terus tumbuh sampai enam tahun. Rambut kemudian rontok dan rambut lain tumbuh di tempat yang sama.

13. Fakta tentang indra pengecap
Mulut mempunyai sekitar 10,000 syaraf pengecap. Tapi Anda membutuhkan indra penciuman saat mengecap sesuatu.

14. Memori yang mengagumkan
Bau kita dapatkan sebelum penglihatan, pendengaran dan sentuhan. Otak bisa mengingat lebih dari 50,000 aroma yang berbeda.

15. Otak yang bertambah umur
Otak manusia adalah organ paling canggih di dunia ini. Manusia mempunyai sel otak lebih banyak pada umur 2 tahun dibandingkan pada umur berapa pun. Tapi perlu sekitar 20 tahun bagi otak untuk tumbuh dewasa.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai tubuh kita. Marilah kita bersyukur karena telah diberikan tubuh yang mengagumkan seperti ini