Glow-in-the-dark, Jalan Bercahaya Akan Menggantikan Lampu Jalan

sains, teknologi, riset, jalan bercahaya, Daan Roosegaarde, HEIJMANS

Glow-in-the-dark, marka jalan bercahaya telah menggantikan lampu jalan pada bentangan sejauh 500m di Belanda.  Marka jalan ini bersinar dalam gelap, dibuat dengan bubuk photoluminescent yang dicampurkan ke dalam cat dan memancarkan cahaya hijau dalam gelap selama delapan jam.

Uji coba ini terjadi berkat sebuah kolaborasi antara seniman Daan Roosegaarde dan perusahaan teknik sipil Belanda HEIJMANS yang dimulai lebih dari dua tahun yang lalu, teknologi cahaya dalam gelap akan secara resmi diluncurkan di Belanda. Bagi Anda yang kebetulan berada di Belanda dapat melihat jalan yang bercahaya ini di jalan raya N329 di Oss, yang berjarak sekitar 62 km sebelah tenggara dari Amsterdam. Proyek ini adalah yang pertama untuk menguji teknologi "garis bersinar" di jalanan.

Roosegaard, yang sebelumnya merancang lantai dansa dengan lampu yang dikendalikan oleh gerakan kaki penari, mengatakan kepada BBC tahun lalu bahwa "Pemerintah mematikan lampu jalan di malam hari untuk menghemat uang, energi menjadi jauh lebih penting daripada yang kita bayangkan 50 tahun lalu. Jalan ini adalah tentang keselamatan dan mempertimbangkan dunia yang lebih mandiri dan lebih interaktif."

"Saya benar-benar kagum bahwa kita entah bagaimana menghabiskan miliaran pada desain dan R & D mobil tapi entah bagaimana jalan - yang benar-benar menentukan cara landscape kita terlihat - benar-benar kebal terhadap proses itu," kata Roosegaarde.

Inspirasi jalan yang bercahaya ini datang sebagian dari laut, bagaimana ubur-ubur memberikan cahaya? Tidak memiliki panel surya, dan tidak memiliki sumber energi. Kemudian peneliti membuat sejenis cat yang mengisi energi di siang hari dan memberikan cahaya pada malam hari.

Selain menghemat energi dan dana, energi netral penerangan jalan juga penting sebagai "alternatif yang berkelanjutan pada tempat-tempat di mana tidak ada pencahayaan konvensional hadir," kata HEIJMANS.


Bagian dari visi ini termasuk tanda-tanda cuaca - snowdrops, misalnya, akan muncul ketika suhu mencapai tingkat tertentu. Meskipun untuk saat ini, hanya fitur glow-in-the-dark yang di uji coba pada bentangan marka jalan sepanjang 500 m dari jalan raya N329 di Oss, dibuat dengan menggunakan bubuk photo-luminescent yang dicampur ke dalam cat.

Roosegaarde mengatakan pada Wired.co.uk bahwa HEIJMANS telah berhasil membuat luminescence yang "hampir radioaktif". Anda bisa meliht tiga garis dari berbagai nuansa hijau radioaktif sepanjang kedua tepi jalan raya.

Menurut sebuah laporan dari Dutch News, HEIJMANS ingin memperluas proyek tetapi belum mendapat jaminan kontrak lebih lanjut. Tidak ada info tentang berapa lama cat dapat bertahan melawan keausan - cahaya dapat bertahan hingga delapan jam dalam sekali mengisi energi sepanjang hari, tapi tidak konsisten jalur yang tidak rata tidak akan membuka jalan seefektif energi-menenggak lampu jalan.


source: wired
Enhanced by Zemanta