Cara Update Galaxy S2 GT I9100 dengan Android Kitkat 4.4.2

manual update, Samsung Galaxy S2, android, firmware update, KitKat 4.4.2

Pemilik Samsung Galaxy S2 GT I9100 sekarang bisa menyicipi versi terbaru dari OS Android KitKat 4.4.2 yang datang dengan fitur tambahan dan perbaikan bug. Meskipun tidak ada rilis pembaruan resmi Kitkat untuk Galaxy S2 dari Samsung, pemilik Galaxy S2 dapat menggunakan custom ROM yang dijuluki sebagai Omni ROM yang telah digunakan oleh ribuan pengguna. Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini, untuk memperbarui perangkat ke versi Android terbaru KitKat 4.4.2.

Persiapan

Backup semua data di Samsung Galaxy S2 dengan cara yang disebutkan di bawah ini, dan jangan menggunakan bantuan software KIES, karena pembaruan ini belum resmi tersedia secara global.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log and Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”.

Aktifkan USB Debugging pada ponsel melalui "Settings> Applications> Development> USB debugging".

Pastikan baterai ponsel terisi penuh atau setidaknya tersisa minimal 40%, untuk menjaga agar ponsel tidak mati di tengah update firmware.

Karena belum tersedia update resmi, pastikan bahwa ponsel telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store.

Dan jika ternyata ponsel belum di-root, silakan lihat artikel tentang panduan rooting perangkat Android yang bisa dilihat disini.


Perhatian: Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini dengan seksama, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk dengan benar, maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi. Pastikan juga bahwa firmware ini tidak diterapkan pada ponsel dengan jaringan dikunci ( Locked).

Langkah-langkah Update Firmware Galaxy S2 GT I9100 dengan Android KitKat 4.4.2:

> Download Paket Firmware Android KitKat 4.4.2 dan Paket Google Apps ke komputer. Setelah di-download, hubungkan ponsel ke komputer dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di SD Card ponsel.

> Tekan dan tahan tombol Home + Powe + Volume Up untuk masuk ke Recovery Mode, setelah itu akan terlihat robot hijau yang menunjukkan bahwa perangkat telah masuk dalam mode recovery. Untuk masuk ke mode recovery, bisa juga menggunakan bantuan aplikasi ROM Manager.

> Dalam mode recovery, hapus data yang ada di ponsel dengan memilih pilihan "Clear Data" dan "Wipe Cache".

> Berikutnya pilih “install zip from sd card”. Untuk memilih tekan tombol volume up atau down, pilih  Paket Firmware Android KitKat 4.4.2 dan Paket Google Apps yang telah Anda tempatkan di SD Card. Ini akan memakan waktu sekitar 3 - 5 menit untuk menerapkan pembaruan.

> Setelah selesai "install from sd card complete", kemudian pilih "go back" dengan bantuan tombol volume dan kemudian pilih "reboot in normal mode". Untuk reboot ponsel dalam mode normal, mungkin kadang-kadang memakan waktu lebih dari 4 -5 menit.

> Untuk memeriksa apakah firmware berhasil diupdate atau tidak, bisa dilihat di menu "Settings"> "About Phone" di mana firmware saat ini akan terlihat sebagai Kitkat 4.4.2.

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal (boot loop), keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal. Jika masih terjadi, ulangi langkah-langkah diatas dari awal.