Nokia Memperkenalkan Nokia X, X+ dan XL dengan OS Android dan Fastlane UI

nokia, nokia android, Nokia X, Nokia X+, Nokia XL, news, android

Nokia baru saja mengumumkan ketersediaan smartphone Android pertamanya, Nokia X. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Finlandia ini akan meluncurkan tiga handset Nokia X dalam beberapa bulan mendatang, dan ketiganya memiliki konfigurasi software yang sama, tetapi dengan spesifikasi hardware yang berbeda.

Ketiga smartphone tersebut menjalankan versi khusus dari sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean dengan Nokia Fastlane UI, yang saat ini terintegrasi dalam smartphone Asha.

Yang terendah dari ketiga ponsel tersebut, Nokia X hadir dengan prosesor dual-core 1GHz Qualcomm Snapdragon S4, RAM 768MB dan memori internal 4GB, yang dapat diperluas hingga 32GB melalui kartu microSD.

Selain itu, Nokia X memiliki layar IPS LCD 4-inch capacitive touchscreen dan kamera 3-megapiksel di bagian belakang. Fitur-fitur lain diantaranya Glance screen, screen double tap, tactile feedback dan dukungan dual-SIM.

Nokia X akan segera dipasarkan di Asia-Pasifik, Eropa, India, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika dengan harga hanya $ 125.

Ponsel kedua adalah, Nokia X+ yang menawarkan dukungan dual-SIM juga, dan dengan versi OS Android yang sama dengan Fastlane UI. Dikatakan akan dikemas dengan memori dan RAM yang lebih besar, tetapi belum ada rincian yang tersedia untuk saat ini.

Nokia X+ akan tersedia di pasar yang sama seperti model X dimulai pada awal Q2 2014 dengan harga $ 135.

Yang terakhir, Nokia XL menawarkan layar yang jauh lebih besar dengan IPS LCD capacitive touchscreen 5-inci dan dikemas dengan kamera belakang 5-megapiksel dengan autofocus dan 2-megapiksel kamera menghadap ke depan untuk panggilan video.

Fitur yang disematkan pada Nokia X, tersedia juga pada Nokia XL seperti:  Glance screen, screen double tap, tactile feedback dan dukungan dual-SIM.

Nokia telah mengkonfirmasi bahwa Nokia XL akan tersedia untuk pembelian di awal Q2 2014 dengan harga $ 150.

Keluarga smartphone Nokia X akan menyediakan akses ke berbagai toko aplikasi Android, seperti Nokia Store, Yandex dan lain-lain, tetapi tidak dengan Google Play Store. Jadi untuk mendapatkan Google Play Store, pengguna harus mendowloadnya dari pihak ketiga.

Disamping itu, Nokia X, Nokia X+ dan Nokia XL akan dikemas dengan berbagai layanan Microsoft seperti Skype, OneDrive dan outlook.com.

Nokia HERE Maps dengan peta offline dan layanan navigasi turn-by-turn akan disertakan secara gratis juga, bersama dengan layanan musik streaming, Nokia MixRadio. Selain itu semua perangkat telah terinstall dengan berbagai aplikasi dan game dari pihak ketiga.