Samsung Sedang Mengembangkan Ponsel dengan Layar Transparan

samsung, Transparent Displays, layar transparan, news, berita teknologi, teknologi

Produsen ponsel asal Korea Selatan Samsung Electronics dikabarkan tengah bersiap-siap untuk membuat episode berikutnya dalam evolusi smartphone, dengan target meluncurkan setidaknya satu handset dengan layar transparan.

Rupanya, Samsung sudah bekerja keras mewujudkan perangkat tersebut, dan telah mengajukan permohonan paten pada USPTO. Samsung telah mengajukan aplikasi paten tersebut di Amerika Serikat pada kuartal kedua tahun ini, dan melakukan hal yang sama pada tahun sebelumnya di Korea.

Industri smartphone saat ini tengah menuju pada tren layar fleksibel, tetapi tampaknya pengguna tidak akan menunggu terlalu lama untuk dapat memiliki perangkat transparan juga.

Tentu saja, masih akan menunggu beberapa tahun sebelum ponsel ini menjadi kenyataan, meski beberapa produsen dan vendor handset terkemuka sedang mencari cara baru untuk berinovasi.

Permohonan paten Samsung tersebut menjelaskan serangkaian kontrol sentuh yang ditempatkan di bagian belakang perangkat yang dibungkus dengan layar transparan, serta cara di mana ini dapat membantu pengguna melakukan berbagai tindakan.

samsung, Transparent Displays, layar transparan, news, berita teknologi, teknologi

Pengguna akan bisa mengintip ke dalam folder dengan cara menyentuh bagian belakang perangkat, sehingga dapat melihat konten apa yang ada di dalamnya, dengan tanpa terhalang oleh jari.

Memiliki kontrol sentuh yang ditempatkan di bagian belakang juga akan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memindahkan objek yang tumpang tindih, atau membawa informasi tertentu di layar, termasuk catatan, foto, dan lain-lain.

Tindakan lain juga memungkinkan, seperti unlocking handset, mengendalikan pemutaran video, dan bahkan mengontrol jam alarm.

Apakah smartphone tersebut memang benar-benar akan diluncurkan, itu masih harus dilihat. Satu hal yang pasti saat ini adalah bahwa kemungkinan itu nyata, mengingat bahwa ponsel dengan layar transparan sudah ada. Perlu diketahui bahwa, Sony Ericsson telah meluncurkan ponsel dengan layar transparan pada bulan September 2009, yang disebut Xperia Pureness.


Image credits: USPTO via Pocketnow