Cara Menjalankan Aplikasi Windows di Linux atau Ubuntu

linux, Linux Mint, ubuntu, cara instal wine di linux mint, cara instal wine menggunakan terminal, software
Setelah sekian lama menggunakan Linux Mint dan merasa nyaman menggunakannya, sepertinya saya dapat melupakan Windows sama sekali. Tetapi dikarenakan ketersediaan aplikasi untuk Linux belum terlalu lengkap, saya sesekali harus menjalankan Windows untuk membuka aplikasi yang saya butuhkan. Nah, agar tidak bolak-balik menjalankan sistem operasi antara Windows dan Linux, saya menginstal aplikasi WINE di Linux kesayangan saya.

Wine adalah aplikasi semacam emulator yang dapat menjalankan aplikasi-aplikasi Windows di Linux atau Ubuntu, sehingga kita dapat menggunakan aplikasi atau game Windows tanpa menjalankan sistem operasi Windows sama sekali.

Untuk menginstal Wine di Linux Mint atau pada Ubuntu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka terminal, lalu ketik perintah seperti di bawah ini lalu tekan enter.

-sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa

-sudo apt-get update

-sudo apt-get install wine1.6

Pada saat proses instalasi, akan bertemu dengan konfigurasi seperti gambar di bawah ini.

linux, Linux Mint, ubuntu, cara instal wine di linux mint, cara instal wine menggunakan terminal, software

Ketika konfigurasi seperti di atas muncul, tekan tab di keyboard lalu setelah tulisan OK berwarna merah tekan Enter. Setelah itu akan muncul konfigurasi License Agreement, pilih Yes lalu tekan Enter.

Setelah proses instalasi selesai, silakan coba instal aplikasi Windows di Linux melalui Wine ini, dan Anda akan melupakan Windows sama sekali........ :)


Semoga bermanfaat..........