Benarkah Nokia Normandy Adalah Ponsel Android yang Akan Dirilis tahun 2014?

news, rumor, nokia, nokia android, Nokia Normandy, ponsel, android

Menurut sebuah rumor yang dilaporkan oleh The Verge, ponsel Nokia dengan kode nama Normandy, dapat mendukung aplikasi Android populer seperti Skype dan saat ini sudah diposisikan sebagai pilihan entry-level untuk calon pelanggan.

Seperti diketahui, sebelum Nokia dibeli oleh Microsoft, Nokia secara diam-diam telah mengembangkan dan menguji Android pada ponselnya. Namun setelah resmi diakuisisi oleh Microsoft, ponsel Nokia dengan OS Android menjadi mimpi yang tidak akan menjadi kenyataan. Namun, dengan adanya bocoran ponsel Nokia Normandy tersebut, Microsoft mungkin benar-benar akan membiarkan proyek Android hidup.

Bocoran gambar Nokia Normandy yang di unggah beberapa minggu lalu oleh leaker gadget terkenal, evleaks, tampak seperti ponsel Nokia Asha, dan dirancang untuk menjadi ponsel Android murah seperti Asha. Nokia Normandy dilaporkan mengambil elemen desain dari Microsoft Windows Phone, tetapi masih akan mampu menjalankan aplikasi Android. Berbeda dengan Android yang kita digunakan, OS Android di Normandy kemungkinan akan memiliki layanan Google yang dilucuti, seperti pada tablet Kindle dari Amazon, sehingga Nokia bisa menyesuaikannya untuk sentuhan yang lebih pribadi.

Jadi, mengapa Microsoft ingin menjalankan Android pada ponsel nya? Tampaknya raksasa software tersebut lebih memilih untuk merangkul Android dan membiasakan pengguna entry-level dengan tampilan Windows Phone, daripada bergantung pada platform Nokia Asha saat ini. Dengan kata lain, Microsoft tidak bisa mengalahkan Android di dunia yang berkembang pesat dengan smartphone murah, karena itu mungkin lebih baik mengadopsinya.

Jika Nokia Normandy benar-benar diluncurkan ke pasaran, perangkat ini mungkin akan sedikit memiliki kemiripan dengan Android seperti yang kita kenal. Namun, hari itu akan tercatat dalam sejarah sebagai peristiwa penting dengan dampak tak terduga. Untuk saat ini, perangkat ini masih dalam tahap pengembangan.

Sementara itu ponsel ini dikabarkan akan dirilis pada tahun 2014, sayangnya, tidak ada cara untuk mengetahui apakah ponsel ini akan benar-benar terlihat di pasar smartphone. Tapi dengan Windows Mobile yang terus berjuang dan rumor Microsoft menurunkan biaya lisensi OS untuk produsen ponsel lain, itu akan membuat Microsoft mengijinkan Nokia melepaskan Normandy dengan Microsoft-Nokia dan dioptimalkan dengan OS Android.