Google Summer of Code membuka lagi 2 program coding untuk pelajar dan mahasiswa


google, Google Summer of Code, coding, open source

Pada tahun 2005, Google mendapatkan ide untuk memfasilitasi mahasiswa yang tertarik mengembangkan perangkat lunak open source selama libur musim panas, dengan meluncurkan Google Summer of Code. Program tahunan ini dihadiri pengembang mahasiswa dari seluruh dunia bersama-sama dengan organisasi perangkat lunak open source untuk membimbing mereka melalui proyek musim panas.

Sampai saat ini, program ini telah menghasilkan 50 juta baris kode sumber terbuka dari lebih dari 8.500 pengembang mahasiswa, dan pada tahun 2014, akan merayakan ulang tahun ke 10 dari Google Summer of Code.

Untuk merayakan sembilan tahun kontribusi mahasiswa dan menetapkan Google Summer of Code terbaik, Google meluncurkan 10 hal untuk membuat program yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikut mengintip acara apa yang akan dilakukan pada even tersebut, silakan kunjungi blog Open Source untuk informasi lebih lanjut:

> Google berencana mengadakan kunjungan ke 10 negara dengan partisipasi tertinggi sepanjang tahun untuk mempromosikan program ini dan merayakan dengan mahasiswa lokal dan mentor.

> Meningkatan uang saku sebesar 10 persen, menjadi sekitar $ 5.500.

> Google juga menerima 10 persen lebih banyak mahasiswa daripada sebelumnya, lebih dari 1.300 mahasiswa akan menghabiskan musim panas untuk coding sebagai bagian dari program tahun depan.

> Pertemuan puncak reuni mentor ke-10 akan diadakan di kampus Google Mountain View untuk alumni Google Summer Code.

Google juga berkomitmen untuk merangkul siswa yang lebih muda untuk terlibat dalam perangkat lunak open source. Untuk keempat kalinya, pada bulan November, Google akan menjalankan Google Code-in, sebuah kontes internasional yang dirancang untuk memperkenalkan pelajar 13-17 tahun ke dunia pengembangan open source. Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk terlibat dalam kontes ini, ada berbagai cara bagi pelajar untuk dapat berkontribusi mengembangkan proyek open source.

Pendaftaran untuk Google Summer of Code 2014 dibuka pada bulan Maret dan pelajar atau mahasiswa yang tertarik dalam Google Code-in dapat mendaftar pada 18 November. Lihat posting blog Open Source untuk rincian lebih lanjut tentang kedua program tersebut.


Source: Google Blog