Update Galaxy ACE S5830 dan ACE 2 I8160 dengan Tampilan Custom ROM Galaxy S4

android, tips trik, manual update, update, Galaxy ACE 2, jelly bean, Custom ROM

Pengguna smartphone Android Samsung Galaxy ACE dan ACE 2 I8160 kini dapat membuat tampilan ponselnya seperti UI Samsung Galaxy S4 dengan ROM custom terbaru. Semua ini berkat tim dari Cyanogen mod yang bekerja keras selama beberapa bulan untuk membuat tampilan visual yang cantik pada firmwares smartphone Android Galaxy ACE. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk dapat menerapkan pembaruan firmware Custom ROM Galaxy S4.

Persiapan:
Semua data di smartphone Samsung Galaxy ACE Anda sebaiknya dibackup terlebih dahulu dengan bantuan langkah-langkah di bawah ini. Jangan membuat backup data dengan bantuan Kies karena mungkin perangkat tidak akan terdeteksi setelah update.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log dan Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”


Aktifkan Mode Debugging USB di komputer Anda melalui pengaturan "Settings> Applications>  Development > USB debugging".

Perhatikan juga masa pakai baterai minimal 40% karena ada risiko perangkat mendadak mati di tengah update firmware.


Karena ini adalah Firmware Custom ROM, pastikan bahwa telepon Anda telah di-root yang dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store, juga telah menginstal Custom Recovery image melalui aplikasi ROM Manager.

Perhatian: Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini dengan seksama, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Prosedur untuk Update ponsel Galaxy ACE dengan Android Jellybean 4.1.2:

> Download Paket Firmware Kustom ROM Galaxy S4 dan Google Apps ke komputer Anda. Setelah di-download, hubungkan ponsel ke komputer dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di ponsel Anda.

> Matikan ponsel Anda untuk masuk ke Recovery Mode, dengan cara menekan tombol Volume Up + tombol Home (tombol tengah). Sambil menekan kedua tombol tersebut, tekan tombol power untuk menghidupkan ponsel Anda. Setelah itu Anda akan melihat sebuah robot hijau yang menunjukkan bahwa perangkat telah masuk dalam mode recovery.

> Sekarang, dalam mode recovery pilih opsi "clear cache" dan kemudian pilih "wipe data" sehingga semua data ponsel akan dihapus.

> Setelah selesai dengan membersihkan cache dan menghapus data, pilih opsi "install zip from sd card" untuk memilih Paket Zip Kustom ROM Galaxy S4 dan Paket Google Apps.

> Harap dicatat bahwa akan memakan waktu sekitar 4 -5 menit untuk menginstal pembaruan. Setelah update berhasil diterapkan, periksa versi firmware saat ini melalui menu "Settings > About phone" di mana firmware saat ini akan ditampilkan sebagai Jellybean 4.1.2.

Catatan: Hanya dalam kasus yang jarang terjadi jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal, keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal.

Semoga berhasil......


Source: XDA