Cara Update Manual Galaxy GRAND I9082 dengan Android Jellybean 4.2.2

tips trik, update, jelly bean, android, manual update, Galaxy GRAND

Versi firmware Jellybean 4.2.2 untuk smartphone Android Galaxy GRAND I9082 pada September ini telah dirilis resmi oleh Samsung. Firmware ini dijuluki sebagai XXUBMGA dimana Samsung telah merilisnya sebagai OTA update di negara-negara tertentu. Untuk Anda yang masih menunggu rilis update stabil, penantian Anda akhirnya berakhir.

Jadi, pada artikel kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai panduan yang akan membantu Anda memperbarui ponsel Galaxy GRAND dengan Android Jellybean 4.2.2, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Persiapan:
Semua data di smartphone Samsung Galaxy GRAND Anda sebaiknya dibackup terlebih dahulu dengan bantuan langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini. Jangan membuat backup data dengan bantuan Kies karena mungkin perangkat tidak akan terdeteksi setelah update.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log dan Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”


Aktifkan Mode Debugging USB di komputer Anda melalui pengaturan "Settings> Applications>  Development > USB debugging".

Perhatikan juga masa pakai baterai minimal 50% karena ada risiko perangkat mendadak mati di tengah update firmware.


Perhatian:
Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.


Prosedur untuk Update Galaxy GRAND dengan OS Android Jellybean 4.2.2

> Download paket firmware OS Android Jellybean 4.2.2 dan Odin ke komputer Anda. Setelah di-download, buka Odin pada komputer Anda.

> Matikan posel untuk masuk ke recovery mode. Setelah itu masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Volume Up + tombol Home (tombol tengah). Sambil menekan kedua tombol tersebut, tekan tombol power untuk menghidupkan ponsel Anda.

>Setelah ponsel masuk ke mode recovery, hubungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB untuk memastikan bahwa ID: COM section telah menyala dengan warna Kuning. Jika ID: COM section tidak menyala kuning, instal kembali drivernya dan ulangi prosedur di atas.

> Klik tab "PDA" pada Odin untuk memilih file tar setelah Anda mengextrac paket firmware terlebih dahulu dan kemudian klik "Start" pada Odin untuk memulai proses update firmware.


> Seluruh proses update firmware akan memakan waktu sekitar 4 -5 menit. Setelah firmware berhasil diperbarui, ponsel akan reboot sendiri. Setelah home screen sudah terlihat, lepaskan ponsel untuk memeriksa versi firmware saat ini melalui menu "Settings > About phone" di mana firmware saat ini akan ditampilkan sebagai Jellybean 4.2.2.