Cara Setting Facebook "Legacy Contact" Untuk Digunakan Ketika Pemilik Akun Meninggal

Sekarang Facebook telah membuat opsi yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan "Legacy Contact," atau seseorang yang dapat mengontrol akun Anda atau bahkan menghapus akun ketika Anda meninggal. Berikut adalah bagaimana cara mengaturnya.

facebook, legacy contact, pewaris akun facebook

Mungkin tak seorang pun suka berpikir tentang kematiannya, tetapi itu adalah sesuatu yang kita semua harus persiapkan. Meskipun itu sedikit mengerikan, sistem baru ini akan membuat lebih mudah bagi anggota keluarga atau teman untuk mengurus akun Facebook Anda dalam keadaan tidak menguntungkan. Siapa pun Anda dapat menetapkan  "Legacy Contact" sebagai pewaris akun yang akan dapat memposting hal-hal yang muncul di Timeline, menanggapi permintaan dari teman-teman dan anggota keluarga yang mungkin belum terhubung ke Facebook, dan memperbarui gambar profil.

Anda juga dapat mengatur agar pewaris akun dapat men-download arsip foto, posting, dan informasi profil (pesan pribadi tidak akan disimpan). Tentu saja, Legacy Contact juga dapat menghapus akun Facebook Anda secara permanen jika itu yang Anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur semuanya:

1. Menuju ke Pengaturan akun Anda> Keamanan> Legacy Contact.

2. Kemudian ketik nama orang yang Anda pilih untuk membuat Legacy Contact.

3. Anda dapat memilih opsi untuk mengirim pesan pemberitahuan pada pewaris akun, tapi itu tidak diperlukan. Jika tidak, Facebook akan memberi tahu pewaris  ketika Legacy Contact telah dibuat.

4. Kemudian pilih apakah  Legacy Contact akan memiliki izin Pengarsipan data dan apakah Anda ingin akun Anda dihapus.

Sekali lagi, ini semua mungkin tampak sedikit mengerikan, tapi itu benar-benar diperlukan untuk orang yang Anda sayangi dalam hidup Anda. Dengan pengaturan tersebut akan membantu seseorang untuk mengelola akun atau bahkan menghapusnya.

Opsi Legacy Contact digulirkan secara bertahap, jadi jika Anda belum mendapatkan opsi ini, Anda mungkin akan mendapatkannya segera.

Source: Facebook Newsroom