Intel Meluncurkan Komputer Mini Yang Dihubungkan ke TV atau Monitor

Intel dikenal sebagai pembuat chip komputer, namun kali ini perusahaan raksasa Silicon Valley tersebut mengambil langkah yang tidak biasa dengan mengembangkan komputer mini, dan berencana untuk menjualnya secara langsung.

intel, komputer saku, komputer mini, komputer stick

Intel mengumumkan produk terbarunya ini di ajang Consumer Electronics Show di Las Vegas, Nevada. Perangkat ini seukuran flashdisk yang dihubungkan ke port HDMI pada TV atau monitor komputer. Di dalam unit ini dilengkapi prosesor Intel Atom, Wi-Fi, memori internal 32 GB dan slot untuk SD card.

Intel mengatakan versi untuk perangkat yang menjalankan Windows 8.1 akan dibandrol dengan harga $ 149 dan akan tiba pada akhir kuartal pertama 2015. Intel juga berencana untuk menawarkan versi berbasis Linux dengan bandrolan harga $ 89. Harga tersebut tidak termasuk mouse dan keyboard, Intel berharap pengguna untuk menggunakan kombinasi keyboard dan mouse Bluetooth.

Intel bukan satu-satunya perusahaan yang memanfaatkan port HDMI dengan cara baru. Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Google Chromecast, yang membantu transfer konten ke layar tetapi bergantung pada perangkat seperti smartphone dan laptop untuk memberikan pengolahan.

Intel umumnya menghindarkan diri dari bersaing dengan perusahaan yang membeli chip mereka. Tetapi juga mencoba strategi baru di bawah pimpinan Brian Krzanich, yang menjadi CEO pada Mei 2013 dan telah mendorong perusahaan ke bidang-bidang seperti perangkat wearable.