Apa yang Harus Anda Ketahui Tentang Ebola

Ebola dapat menyebar, dan tengah mewabah di Afrika yang menelan ribuan orang, namun rumor tentang Ebola menyebar lebih cepat. Kali ini kita akan membahas segala sesuatu yang perlu Anda tahu tentang virus ini.

virus ebola, penyakit ebola

Virus Ebola tidak dapat menyebar melalui udara, dan tidak menular sebelum gejala pertama muncul, ketika seseorang mungkin tanpa sadar menjadi distributor penyakit. Sebaliknya, virus Ebola menyebar melalui cairan tubuh yang terinfeksi seperti darah, muntahan, air liur, air mani dan kotoran melalui kontak langsung dengan selaput lendir (seperti bagian dalam kelopak mata, mulut, atau hidung) atau kulit yang luka.

Jadi, selama Anda menjaga jarak aman dari orang yang terjangkit, mencuci tangan secara teratur, berhati-hati menggunakan peralatan dengan orang yang sakit, dan lain-lain, Anda akan aman.

Bagi mereka yang telah terinfeksi virus Ebola, memiliki sesuatu untuk dikhawatirkan. Tergantung pada strain, Anda sedang berhadapan dengan tingkat kematian 50-90 persen. Gejala yang harus diperhatikan adalah sakit kepala, demam, nyeri, dan mual. Di luar, Ebola terlihat seperti flu, tapi di dalam, sesuatu yang sangat berbeda dalam tubuh Anda sedang terjadi:

Meskipun gejala-gejala awal bisa meniru timbulnya flu, apa yang terjadi di dalam tubuh pasien sangat berbeda dengan apa yang terjadi dengan virus influenza. Pada titik ini, hati seorang pasien Ebola sedang diserang, menyebabkan nyeri perut yang parah. Pembuluh darah mereka secara bertahap sedang rusak, yang dapat menyebabkan sejumlah besar baik perdarahan internal dan eksternal. Kegagalan organ mungkin sedang terjadi. Sebagian cairan bocor dari pembuluh darah dan terakumulasi dalam tubuh, tekanan darah turun. Biasanya, itu adalah kombinasi mematikan antara tekanan darah, ketidakseimbangan elektrolit, dan kegagalan organ yang memberikan pukulan terakhir.

Jika Anda memiliki gejala, Anda sudah menjadi bahaya bagi diri sendiri dan semua orang, sehingga harus mengisolasi diri dan hubungi dokter untuk mencari tahu langkah apa yang harus dilakukan sebelum menuju dokter atau UGD.

Sumber : Wired
Gambar: NIAID