Android 5.0 Lollipop Dengan Segudang Fitur Baru

Setelah dirilis melalui developer preview di Google I/O, Android 5.0 yang akan disebut sebagai Lollipop telah diresmikan oleh Google beberapa hari lalu. Lebih dari 5.000 API pengembang telah dirilis bersama OS Android terbari ini. Android 5.0 menjadi lompatan besar dalam pembaruan OS bila dibandingkan dari Jelly Bean (Android 4.3) ke Kit Kat (Android 4.4). Banyak perbaikan fitur, desain secara keseluruhan, daya tahan baterai, dan banyak lagi.

android, Android 5.0, lollipop

Berikut adalah beberapa fitur baru Android 5.0 LOLLIPOP

Material design
Desain adalah alah satu perubahan yang paling menonjol di Android 5.0, dimana terjadi perombakan total dari filosofi desain Google. Fitur material design Android 5.0 memberikan tampilan datar untuk UI dan ikon. Menu juga akan merespon lebih intuitif, termasuk konteks perilaku sensitif sehingga Anda dapat bekerja dengan gerakan yang lebih sedikit.

Notifikasi
Notifikasi yang lebih baik pada Lollipop akan meningkatkan cara Anda menerima informasi baru. Anda sekarang memiliki antarmuka yang sama sekali terlihat baru, dengan akses ke pengaturan yang sederhana dan berguna seperti kunci rotasi, tingkat dering, dan kecerahan. Dengan tarikan dari atas, Anda mendapatkan pemberitahuan terbaru Anda dan dengan tarikan kedua, Anda melihat pengaturan Anda beralih ke konten penting. Panggilan tidak akan lagi mengganggu film atau permainan.

Baterai
Google telah mengklaim bahwa dengan upgrade ke Android 5.0, kekuatan baterai dapat diperpanjang hingga 90 menit bahkan pada perangkat yang lebih tua. Google telah bekerja pada Proyek Volta untuk perbaikan daya tahan baterai. Ini akan memanfaatkan baterai yang lebih baik dan lebih efisien. Fitur baterai baru lainnya termasuk perkiraan waktu yang tersisa untuk mengisi penuh, dan perkiraan waktu yang tersisa sebelum Anda harus mengisi perangkat.

Quick settings
Pengaturan Cepat terbaru mengurangi jumlah sentuhan yang diperlukan untuk mengakses beberapa fungsi penting on/off untuk Wi-Fi, Bluetooth, dan lokasi. Hal ini juga termasuk built-in tools untuk senter, hotspot dan screencast kontrol, dimana sebelumnya Anda banyak menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan fitur tersebut.

Peningkatan keamanan
Android Lollipop akan datang dengan enkripsi secara otomatis yang diaktifkan untuk melindungi data, dan ada juga SELinux yang diterapkan untuk semua aplikasi, yang berarti Android akan lebih terlindungi terhadap malware.

Multi-user
Anda dapat membuat akun tamu, atau jika Anda dan anggota keluarga berbagi perangkat, Anda dapat membuat akun untuk anggota keluarga masing-masing, menjaga semua data-data Anda terpisah dan aman. Hanya Anda yang dapat login ke account Anda, dan juga bisa menggunakan jam tangan Android untuk membuka ponsel.

Fitur-fitur lainnya
- Ada banyak fitur baru seperti steker mikrofon USB, speaker USB dan segudang fitur USB lainnya.
- Dukungan untuk 15 bahasa lainnya sehingga jumlah total menjadi lebih dari 68.
- Dukungan untuk prosesor 64 bit dengan update Lollipop terbaru.
- Fitur baru untuk fotografi profesional.
- Multi-channel audio stream mixing
- Anda dapat menggunakan perintah OK Google, bahkan ketika layar perangkat tidak aktif dengan bantuan pemrosesan sinyal digital yang hadir dalam perangkat seperti Nexus 6 dan Nexus 9.

Android 5.0 akan hadir pertama kali pada Nexus 6 dan Nexus 9, sedangkan perangkat lain akan harus menunggu giliran untuk update.