Cara Update SONY XPERIA L dengan Android Kitkat 4.4.2

Ponsel Android Sony Xperia L sekarang dapat diperbarui dengan firmware versi terbaru dari Kitkat 4.4.2 melalui Cyanogen Mod yang telah datang dengan CM 11. Firmware KitKat 4.4 ini hadir dengan banyak fitur baru dan sebagian besar fitur berjalan dengan lancar jika dibandingkan dengan Firmware kustom ROM lainnya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas langkah-langkah yang akan membantu Anda memperbarui Sony Xperia L.

tips trik, manual update, Sony Xperia L, update android terbaru, CM 11, Cyanogen Mod


Persiapan

Sebaiknya semua data di SONY Xperia L dibackup terlebih dahulu dengan langkah-langkah di bawah ini, dan jangan menggunakan bantuan software SONY PC Companion karena tidak akan dapat membantu mengembalikan data.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log and Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”.

Pastikan bahwa baterai ponsel tersisa minimal 50%, untuk memastikan ponsel tidak mati di tengah update firmware. Pastikan juga USB Debugging di Xperia L sudah diaktifkan melalui "Settings> Applications> Development> USB debugging".

Karena ini bukan update resmi, pastikan bahwa ponsel telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store.

Dan jika ternyata ponsel belum di-root, silakan lihat artikel tentang panduan rooting perangkat Android yang bisa dilihat disini.

Dengan asumsi bahwa Anda telah melakukan semua langkah-langkah yang disebutkan di atas, mari lanjutkan ke langkah berikutnya untuk menginstal versi terbaru dari Kitkat 4.4.2 dengan bantuan Cyanogen MOD 11.


Prosedur untuk Update SONY XPERIA L dengan KitKat 4.4.2 :

Download paket Firmware Cyanogen Mod 11 dan Paket Google Apps for Xperia L ke komputer. Setelah di-download, hubungkan ponsel dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di SD Card ponsel.

Sekarang, masuk ke mode recovery dengan bantuan aplikasi ROM Manager, yang dapat Anda download dari Google Play Store, untuk menginstal versi terbaru dari CWM pada ponsel Anda.

Dalam mode recovery, pilih "Wipe data / Factory Reset" untuk membersihkan semua cache. Atau, pilih "wipe Dalvik cache" dari opsi lanjutan sehingga semua data di perangkat Anda akan dihapus.

Masih dalam mode recovery, pilih "choose zip from sd card", gunakan tombol volume untuk mengarahkan ke file zip Cyanogen Mod 11 yang telah Anda salin ke SD card, kemudian gunakan tombol Power untuk memilih.

Harap dicatat bahwa mungkin diperlukan waktu lebih dari 4 -5 menit untuk menerapkan file zip. Setelah selesai, Anda perlu me-reboot ponsel secara manual atau ponsel akan reboot secara otomatis.

Anda dapat memeriksa apakah firmware telah berhasil diterapkan atau tidak dengan melihat pada bagian "Settings"> "About Phone" yang akan menampilkan versi Android saat ini adalah Kitkat 4.4.2.

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal (boot loop), keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal. Jika masih terjadi, ulangi langkah-langkah diatas dari awal.


Enhanced by Zemanta