Mana yang Lebih Baik Antara BIOS dan UEFI

Jika kita melakukan boot dari drive USB di komputer, atau melakukan perubahan pengaturan sistem, kita biasanya membuka BIOS untuk mengubah pengaturan boot up. Jika Anda adalah pengguna Mac, Anda mungkin bertanya-tanya apa itu BIOS, karena tidak ada BIOS pada Mac, karena Mac menggunakan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface).

BIOS, EFI System Partition, hardware, komputer, Master Boot Record, UEFI, Unified Extensible Firmware Interface

Pada artikel ini, kita akan melihat perbedaan utama antara UEFI dan BIOS, dan mana yang lebih baik dalam setiap keadaan tertentu.

Cara kerja BIOS dan UEFI

BIOS dan UEFI adalah dua antarmuka firmware untuk komputer yang bekerja sebagai penerjemah antara sistem operasi dan firmware komputer. Kedua antarmuka ini digunakan pada startup komputer untuk menginisialisasi komponen perangkat keras dan memulai sistem operasi yang disimpan pada hard drive.

BIOS bekerja dengan membaca sektor pertama dari hard drive yang memiliki alamat perangkat berikutnya untuk menginisialisasi atau kode untuk mengeksekusi. BIOS juga memilih perangkat boot yang perlu diinisialisasi untuk memulai sistem operasi. Sejak awal BIOS digunakan, masih bekerja dalam modus 16-bit, ini membatasi jumlah kode yang dapat dibaca dan dieksekusi dari firmware ROM.

UEFI melakukan tugas yang sama tetapi sedikit berbeda. UEFI menyimpan semua informasi tentang inisialisasi dan startup dalam file, bukan dari firmware. File ini disimpan pada hard drive di dalam partisi khusus yang disebut EFI System Partition (ESP). Partisi ESP juga akan berisi program boot loader untuk Sistem Operasi yang diinstal pada komputer.

UEFI dimaksudkan untuk sepenuhnya menggantikan BIOS di masa depan dan membawa banyak fitur baru dan perangkat tambahan yang tidak dapat dilaksanakan melalui BIOS. Beberapa fitur tersebut dibahas di bawah ini.

Menerobos keterbatasan ukuran

BIOS menggunakan Master Boot Record (MBR) untuk menyimpan informasi tentang data hard drive sementara UEFI menggunakan GUID partition table (GPT). Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa MBR menggunakan entri 32-bit dalam tabel nya yang membatasi total physical partitions untuk hanya 4 saja. Setiap partisi hanya dapat maksimal dalam ukuran 2TB, sementara GPT menggunakan entri 64-bit dalam tabel nya yang secara dramatis memperluas dukungan untuk kemungkinan ukuran hard drive.

Kecepatan dan kinerja

UEFI adalah platform independen, itu mungkin dapat meningkatkan waktu boot dan kecepatan komputer. Hal ini terutama terjadi ketika Anda memiliki hard drive besar yang terpasang di komputer Anda. Perangkat tambahan ini tergantung pada beberapa konfigurasi UEFI untuk menjalankan. UEFI dapat melakukan lebih baik saat inisialisasi perangkat keras. Biasanya peningkatan kecepatan ini adalah sebagian kecil dari total waktu boot, sehingga Anda tidak akan melihat perbedaan besar dalam waktu boot keseluruhan. Pengembang dapat menggunakan UEFI yang dapat mengeksekusi perintah dari aplikasi UEFI lain untuk mengoptimalkan kinerja sistem lebih lanjut.

Keamanan

BIOS, EFI System Partition, hardware, komputer, Master Boot Record, UEFI, Unified Extensible Firmware Interface

Secure boot adalah fitur UEFI yang telah diimplementasikan di Windows 8 baru-baru ini. Manfaat terbesar dari UEFI adalah keamanan yang lebih baik dari BIOS. UEFI dapat memungkinkan hanya driver dan layanan otentik yang dapat dimuat pada saat boot, memastikan bahwa tidak ada malware dapat dimuat pada startup komputer. Microsoft menerapkan fitur ini untuk melawan masalah pembajakan di Windows, sedangkan Mac telah menggunakan UEFI sejak lama. Secure boot bekerja dengan membutuhkan tanda tangan digital dari boot loader, yang juga harus memerlukan tanda tangan digital dari Kernel. Proses ini berlanjut sampai sistem operasi benar-benar dimulai. Fitur booting aman ini juga salah satu alasan mengapa lebih sulit untuk menginstal sistem operasi lain pada mesin Windows 8.

Kesimpulan

Ada beberapa manfaat lain dari UEFI daripada BIOS, tetapi tidak sangat umum dan tidak didukung oleh setiap komputer atau perangkat. Ini juga built-in boot manager yang berarti bahwa tidak ada kebutuhan untuk boot loader terpisah. Manfaat terbesar dari UEFI adalah dapat bekerja bersama BIOS. UEFI dapat duduk di atas BIOS dan bekerja secara mandiri. BIOS dapat digunakan dalam perangkat yang tidak memerlukan penyimpanan atau keamanan yang besar. Anda mungkin menggunakan BIOS pada saat ini, tapi sepertinya masa depan BIOS akan memudar perlahan.
Enhanced by Zemanta