Windows XP Akan Pensiun per 8 April 2014, Namun Masih Banyak Digunakan Oleh Bank dan Lembaga Pemerintah

windows, windows xp, komputer, microsoft

Microsoft akan pensiunkan Windows XP sekitar enam bulan kedepan, tetapi masih banyak pengguna di seluruh dunia belum memulai transisi ke sistem operasi lain dan masih setia menjalankan Windows XP.

Sementara ini sama sekali tidak mengejutkan mengingat fakta bahwa Windows XP masih merupakan OS yang layak, dan karena pindah ke platform yang lebih baru masih merupakan proses yang mahal, itu jelas risiko yang tidak perlu diambil oleh semua bank dan kantor-kantor pemerintah.

Microsoft telah memperingatkan bahwa Windows XP tidak akan lagi menerima update per 8 April 2014, yang berarti bahwa setiap kerentanan keamanan yang ditemukan dalam sistem operasi akan menjadi pintu terbuka bagi hacker mencari cara untuk mengexploitasi komputer yang masih menjalankan OS Windows XP.

Pada saat yang sama, Microsoft juga berencana untuk menghentikan pemberian update untuk Security Essentials produk anti-virus di luar tanggal pensiun XP, dalam upaya untuk mendesak pengguna untuk pindah ke Windows 7 atau Windows 8.

Sementara itu, perusahaan keamanan Avira, yang saat ini merupakan salah satu produsen anti-virus freeware yang cukup terkenal, baru-baru ini mengungkapkan bahwa pihaknya berencana untuk melindungi komputer Windows XP bahkan setelah Microsoft pensiunkan OS ini.

Avira mengatakan bahwa, "Alternatif terbaik adalah, tentu saja Avira Free Antivirus yang terus didukung oleh Avira satu tahun setelah dukungan arus utama yang ditawarkan oleh Microsoft untuk sistem operasi berakhir. Avira Free Antivirus berjalan pada Windows XP SP3 (32-bit), Windows XP SP2 (64-bit) dan membutuhkan komputer dengan minimal RAM 1 GB (2 GB direkomendasikan)."

Jadi, adakah dari Anda yang masih menggunakan Windows XP?