Apa Saja Fitur-fitur Terbaru di Android KitKat

android, android 4.4, KitKat, Nexus 5, sistem operasi, os

Google telah mengumumkan peluncuran KitKat, versi terbaru dari sistem operasi Android. Diluncurkan bersamaan dengan peluncuran smartphone Google Nexus 5 dari LG. KitKat akan menjadi sesuatu yang akan memberikan pengalaman Android "lebih cerdas, dan lebih mendalam" yang menempatkan konten yang Anda lihat tepat di pusat perhatian.

Beberapa contoh dari fitur terbaru di KitKat seperti membuat panggilan telepon yang lebih mudah, dengan meningkatkan cara di mana Anda mencari kontak tidak hanya di buku alamat, tetapi juga di tempat lain dan bahkan melalui Google Apps.  Area kontak juga menunjukkan daftar prioritas mana orang-orang yang paling sering dihubungi.  Didalamnya juga mencakup aplikasi Hangouts baru, dimana membawa semua pesan SMS dan MMS bersama-sama dalam satu aplikasi.

Berikut daftar fitur lainnya pada Android 4.4 KitKat:

"Ok Google" mendengarkan Anda


Ini adalah fitur yang terlihat di Moto X, di mana "Ok Google Now" digunakan untuk mengaktifkan ponsel dan membuatnya mendengar apa yang Anda katakan, dan menanggapi perintah. Sekarang, versi KitKat meminta Anda untuk mengatakan "Ok Google" dan pencarian suara akan bisa diaktifkan, dan hal yang sama dapat digunakan untuk mendengarkan musik, mengirim pesan teks dan bahkan mencari arah ke suatu tempat.

Mampu mencetak di mana saja

KitKat sekarang akan memungkinkan pengguna untuk mencetak dokumen, file, gambar, dan konten lainnya langsung dari ponsel atau tablet. Dengan menghubungkan printer Anda ke Google Cloud Print atau ePrint printer HP, atau printer yang lain yang terkait dengan aplikasi Google Play, sangat memungkinkan untuk membuat salinan apa pun pada ponsel Anda secara nirkabel.

Built-in pedometer

Di zaman di mana orang selalu ingin memantau seberapa bugar keadaan mereka, KitKat memasukkan pedometer untuk menghitung berapa banyak langkah yang Anda ambil.

Buka file apapun

Sekarang memungkinkan untuk membuka dan menyimpan file langsung ke account Google Drive, atau setiap layanan penyimpanan awan lainnya, dan bahkan ke perangkat itu sendiri.

Multitasking dibuat lebih cepat

Dengan Android 4.4, sistem telah dioptimalkan untuk memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi pada waktu yang sama dan beralih di antaranya dengan lebih cepat.

NFC

KitKat juga menawarkan Near Field Communication (NFC) melalui host Emulation Card untuk membantu menangani pembayaran, loyalty program, kartu akses, transit pass, dan layanan kustom lainnya. Developer web dapat mengambil keuntungan dari Reader Mode tool untuk memungkinkan pembaca kartu untuk mengintegrasikan dengan perangkat lunak mereka.

Music Player di Lock Screen

Cara pintas untuk memutar atau mematikan musik seperti yang sudah ada pada lock screen versi Android sebelumnya, namun versi KitKat membawa album layar penuh atau film bersama dengan kontrol media yang sedang dimainkan. Ini adalah ketika lagu sedang dimainkan, atau jika Anda memproyeksikan film ke Chromecast.

Caller ID smarter, seperti TrueCaller

TrueCaller adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu dalam mencari informasi tentang nomor telepon, tapi sekarang Google melakukan sesuatu yang mirip dengan aplikasi tersebut, untuk mencari nomor telepon dalam daftar lokal dari Bisnis di Google Maps, jika nomor tidak diketahui dan tidak disimpan dalam telepon Anda.

Quickoffice terintegrasi

Baru-baru ini aplikasi Quickoffice di desain ulang untuk Android dan terintegrasi dengan baik pada versi baru ini, dan Anda dapat mengambil keuntungan penuh dari aplikasi tersebut dengan masuk langsung di OS.

Emoji di Google Keyboard

Kesan bahwa keyboard Android itu polos dan membosankan akan segera hilang, seperti karakter Emoji Jepang yang sedang tersenyum dan mengekspresikannya dalam pesan, dapat langsung dipilih dalam Google Keyboard.

Dukungan untuk Chromecast

Chromecast, sebuah dongle kecil seperti flashdisk untuk streaming konten langsung ke HDTV. Sekarang, kompatibilitas yang datang dengan setiap perangkat yang menjalankan versi Android 4.4. Konten dari Netflix, YouTube, Hulu Plus, dan Google Play dapat langsung dialirkan ke HDTV.

Komponen web melalui Chrome

Ada beberapa aplikasi yang menggunakan konten web untuk dapat ditampilkan, dan untuk ini, sekarang aplikasi tersebut akan menggunakan Chrome untuk membuat komponen web secara akurat dan cepat.

Built-in Device Manager Android

Android Device Manager yang baru saja di luncurkan bagi pengguna untuk menjaga informasi pribadi secara aman, kini built-in ke dalam OS KitKat dan dengan demikian setiap perangkat yang mendapat versi ini akan melihat device manager dan dapat menggunakannya untuk menemukan ponsel yang hilang atau menghapus data di dalamnya.

Download Manager baru

Download manager, atau aplikasi Download telah di desain ulang, dan sekarang menyediakan pengguna dengan beberapa opsi tambahan seperti penyortiran file yang didownload, baik dalam daftar atau tampilan grid.

Email refresh

Aplikasi email telah di redesign juga, dengan perubahan pada folder, foto untuk kontak dan navigasi yang lebih baik dan lebih mudah melalui percakapan.

HDR + fotografi (hanya pada Nexus 5)

Ada sesuatu yang berbeda untuk pemilik Nexus 5 yang akan mendapatkan HDR + fotografi. Di sini, kamera akan mengambil gambar dengan sangat cepat dan menggabungkan gambar dengan satu shooting terbaik. Diklaim bahwa foto-foto malam akan terlihat lebih tajam dengan lebih sedikit noise.

Pengaturan modus Lokasi berubah

Sekarang Google peduli dengan baterai ponsel Anda, sehingga ada pilihan bagi pengguna untuk memilih antara akurasi yang tinggi, dan mode lokasi hemat baterai. Sebelumnya, salah satu harus terus berjalan di sekitar pengaturan untuk beralih antara Wi-Fi, jaringan selular, dan GPS untuk memeriksa lokasi secara akurat, untuk menghemat baterai, tapi sekarang itu adalah tugas OS untuk melakukannya.

Dukungan IR Blaster

Untuk smartphone yang datang dengan Infraded blaster, versi baru dari Android ini mendukung aplikasi untuk pengendalian jarak jauh dari TV dan perangkat lain di dekatnya.

Full Screen Wallpaper

Panel notifikasi hitam sekarang akan menjadi bagian dari wallpaper. Wallpaper akan meluas melalui panel notifikasi dan tombol sistem. Dan sementara Anda mencoba untuk melihat wallpaper sebelum Anda mengaturnya, sistem Android baru akan melihat persis bagaimana itu akan terlihat setelah itu disetting.

Home Screen / Launcher Switching dibuat lebih mudah

Pada versi Android sebelumnya, untuk mengubah layar awal kita harus jauh masuk ke dalam pengaturan di mana Anda harus mengubah ke default, atau menuju ke pengaturan App dan menghapus default untuk aplikasi layar awal tertentu. Sekarang, ada pengaturan langsung untuk itu. Anda hanya akan perlu ke Settings> Home dan Anda mendapatkan pilihan mudah untuk beralih.

Dalam modus baru, untuk menampilkan UI tersembunyi, pengguna dapat menggesek dari bagian atas atau bawah layar, mirip dengan apa yang ada pada iOS 7. Untuk memulihkan kembali, Google menyatakan bahwa pengguna dapat menyentuh layar di luar bar atau menunggu dalam waktu singkat untuk sekali lagi menghilang.

Benar-benar dapat diakses secara global OS?

Android 4.4 dilengkapi dengan dukungan untuk pengguna internasional juga. Google mengatakan bahwa pengembang aplikasi dapat memanfaatkan RTL scripting yang memungkinkan versi tertentu dari konten yang akan ditampilkan sebagai upaya duplikasi, berpotensi membantu bantuan dalam lokalisasi app.

Ini juga mencakup subtitel bagi mereka yang membutuhkan atau lebih suka. Pengguna dapat masuk ke Pengaturan> Aksesibilitas> Keterangan untuk mengatur preferensi mereka. Ini akan membantu pengembang aplikasi yang juga ingin memasukkan fitur ini ketika mereka memiliki video untuk berbagi dengan pengguna akhir mereka. Ini juga mencakup fitur VideoView yang akan memanfaatkan API Google untuk lulus captioning bersama dengan video untuk rendering.

android, android 4.4, KitKat, Nexus 5, sistem operasi, os

Versi terbaru dari Android datang melalui kemitraan dengan Nestle. Ini menandai perubahan dari konvensi tradisional penamaan ketika semua versi sistem operasi yang didefinisikan oleh dessert: Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, dan Jelly Bean. Ini juga merupakan kemitraan komersial pertama pada Android.

KitKat akan memulai perjalanan untuk menjadi sistem operasi Android yang akan bekerja di semua smartphone dan tablet. OS ini dirancang dengan cara yang akan membuat aplikasi berjalan dan beroperasi  dengan halus, lebih cepat, dan lebih responsif pada semua perangkat, bahkan dengan RAM sekecil 512MB.

KitKat telah diluncurkan pada Nexus 5, tetapi juga akan tersedia untuk Nexus 4, 7, 10, Samsung Galaxy S4, dan HTC One dalam beberapa minggu mendatang, juga pada perangkat lainnya.

Anda dapat menemukan lebih lanjut tentang KitKat disini.