Bagaimana Cara Install Aplikasi BBM di Android Gingerbread Seperti Galaxy Y

Android, BlackBerry Messenger, BBM, Android Gingerbread, Android Gingerbread 2.3, Gingerbread, tips trik, APK, aplikasi android

Seperti diketahui, BlackBerry Messenger (BBM) untuk Android hanya tersedia untuk perangkat dengan OS Android ICS 4.0 ke atas. Nah, ini tentu membuat galau pengguna Android Gingerbread 2.3 seperti pada ponsel Galaxy Y, Galaxy Mini, Galaxy Y Duos dan lain-lain, yang cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Opera.

Untuk dapat menginstal BBM versi resmi pada ponsel Android Gingerbread, Anda dapat memilih opsi upgrading OS ke ICS atau Jellybean dengan menggunakan ROM Kustom. Namun ini cukup beresiko dan disarankan untuk pengguna mahir.

Namun sekarang sudah tersedia aplikasi BBM untuk Android Gingerbread versi tak resmi hasil racikan dari XDA Developer yang dapat di download disini. Untuk menjalankan aplikasi tersebut, Anda harus melakukan kustomisasi dan telah me-root ponsel sebelum melakukan instalasi.

Meski telah berhasil di uji coba dan berjalan pada beberapa perangkat Gingerbread seperti Xperia Neo, aplikasi hasil porting ini masih belum stabil dan pada beberapa ponsel mungkin akan mengalami FC (force close), dimana ketika dijalankan, aplikasi menutup sendiri setelah dibuka.

Force Close tersebut dapat diatasi dengan cara mengkopi beberapa file secara manual ke dalam folder sistem, Anda dapat meng-copy folder 'lib' yang ada di APK ke dalam folder system/lib dengan menggunakan aplikasi ES File Xplorer atau aplikasi file explorer dan pengekstrak lainnya.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi forum XDA.


Update Terbaru
Kabar gembira untuk pengguna Android Gingerbread, Blackberry akan meluncurkan aplikasi BBM khusus Gingerbread pada bulan Februari 2014. Untuk pengguna yang ingin mencoba BBM Android Gingerbread sebelum rilis resminya, dapat menuju ke artikel Download BBM untuk Gingerbread Tersedia Menjelang Peluncuran Resmi.
Enhanced by Zemanta