Cara mengamankan jaringan wi-fi rumah Anda

internet, security, keamanan, wi-fi, wifi, router, tips trik, setting jaringan

Jika dirumah Anda menggunakan Wi-Fi, pastikan bahwa router telah diamankan dengan sandi yang Anda buat. Cukup dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Penyedia Layanan Internet atau pabrikan router untuk menyetel sandi, dan bukan menggunakan sandi default router yang mungkin dapat diketahui penjahat maya. Jika penjahat dapat mengakses router Anda, mereka dapat mengubah setelan dan mengintai aktivitas online Anda.

Anda juga harus memastikan untuk mengamankan jaringan Wi-Fi rumah sebagai lapisan keamanan tambahan sehingga orang lain tidak dapat menggunakannya. Ini artinya menyiapkan sandi untuk melindungi jaringan Wi-Fi. Ketika membuat sandi, pastikan memilih kombinasi angka, huruf, dan simbol yang unik dan panjang sehingga orang lain tidak dapat menebak sandi dengan mudah. Anda juga harus memilih setelan WPA2 ketika mengonfigurasikan jaringan untuk perlindungan yang lebih meyakinkan.

Berikut ini langkah-langkah umum untuk mengamankan jaringan Wi-Fi:

1. Mengubah metode otentikasi ke WPA2-PSK. JANGAN menggunakan "WPA" (tanpa "2") atau "WEP". Matikan daya router Anda setelah itu (misalnya, cabut dari listrik, tunggu 10 detik, kemudian pasang kembali)

2. Ubah SSID dan password. Matikan daya kemudian pasang lagi.

3. Nonaktifkan WPS / QSS.

4. Mengubah password admin, dan jika mungkin, username admin.

5. Matikan daya untuk menghapus memori router (mungkin cache pengaturan sebelumnya).

Jika router Wi-Fi Anda tidak bisa melakukan salah satu langkah di atas, kembalikan dan ganti dengan model yang baru.

Source: Google