Update Manual Galaxy Y S5360 dengan Kustom ROM Jellybean 4.2


android, firmware, galaxy Y, galaxy young, jelly bean, root, Samsung Galaxy Y, tips trik, upgrade manual, upgrade gingerbread ke jellybean

Ponsel Android Samsung Galaxy Y - S5360, sekarang dapat diperbarui dengan versi terbaru dari firmware Android Jellybean 4.2.2 yang dijuluki sebagai firmware kustom ROM Jellynoid. Meskipun ini bukan firmware resmi yang dirilis oleh Samsung, update ini dapat diperbarui secara manual dengan bantuan instruksi sederhana. Jadi, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menginstal firmware tersebut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Persiapan:

Semua data di Galaxy Y - S5360 sebaiknya dibackup terlebih dahulu dengan bantuan langkah-langkah di bawah ini. Jangan membuat backup data dengan bantuan Kies karena mungkin perangkat tidak akan terdeteksi setelah update.

SMS - Gunakan aplikasi SMS Backup & Restore
Kontak - Sinkronisasikan dengan aplikasi Gmail
Log Panggilan - Gunakan aplikasi Call Log dan Restore
Gambar, Lagu, Video, File lainnya - Copy ke SD Card / eksternal
Pengaturan APN dan MMS - Catat dari pengaturan  “Applications > Settings > Wireless and Network > Mobile Networks > Access Point Names”

Aktifkan Mode USB Debugging pada Galaxy Y melalui pengaturan "Settings> Applications>  Development > USB debugging".

Perhatikan juga masa pakai baterai minimal 40% karena ada risiko perangkat mendadak mati di tengah update firmware.

Karena ini adalah Firmware Custom ROM, pastikan bahwa ponsel Anda telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat anda download dari Google Play Store.

Jika ternyata belum di-root, Anda dapat melihat artikel Cara Root Samsung Galaxy Young untuk mulai me-root perangkat.

Perhatian: Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini dengan seksama, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk dengan benar, maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Prosedur untuk Update ponsel Galaxy Y dengan Android Jellybean 4.2.2:

> Download paket Jellynoid Custom ROM Firmware dan Google Apps ke komputer Anda. Setelah di-download, hubungkan ponsel ke komputer dengan bantuan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di SD Card ponsel Anda.

> Lepaskan perangkat dari komputer kemudian matikan ponsel, tekan tombol Volume (up) + Home + tombol Power secara bersamaan untuk masuk ke recovery mode. Sekarang, dalam mode recovery, pilih "Wipe data / factory reset" & "Wipe Cache partition" sehingga semua data cache akan dihapus.

> Berikutnya pilih “install zip from sd card”. Untuk memilih tekan tombol volume up atau down, pilih Paket Jellynoid Custom ROM Firmware yang telah Anda tempatkan di SD Card bersama dengan paket Google Apps. Ini akan memakan waktu sekitar 3 - 4 menit untuk menerapkan pembaruan.

> Setelah firmware berhasil diperbarui, Anda akan melihat pesan "install from sd card complete" dan kemudian pilih "go back" dengan bantuan tombol volume dan kemudian pilih "reboot system now" untuk reboot perangkat dalam mode normal. Seluruh proses update firmware mungkin memakan waktu sekitar 4 - 5 menit.

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal, keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal.

Semoga berhasil......
Enhanced by Zemanta