Simetri indah dalam susunan sel, menarik kembali ketika diregangkan

Simetri indah dalam susunan sel, menarik kembali ketika diregangkan

Sel yang melapisi permukaan dan rongga tubuh Anda yang dikemas erat bersama-sama, seperti batu bata di dinding. Kulit Anda, lapisan mulut atau perut, atau pembuluh darah yang kenyal ... menarik kembali ketika diregangkan. Bagaimana sel-sel tersebut tetap dalam keadaan semula?

Ilmuwan telah menemukan bahwa setiap sel memiliki sabuk kecil yang bertindak seperti karet gelang. Kabel, terbuat dari filamen aktin (merah) yang silang dan terhubung bersama-sama oleh alpha aktinin (biru). Fluorescent signals yang tumpang tindih warna ungu dalam gambar. Protein motor, yang dikenal sebagai myosin (hijau), daya ikat ini membuat sel tetap kencang. Sel melakukan hal ini dengan menarik kabel interdigitating sehingga mereka meluncur melewati satu sama lain. Sebuah variasi dari perakitan ini sama seperti yang membuat kontraksi otot Anda!

Perhatikan simetri indah dalam susunan molekul-molekul di seluruh sel. Bahkan persimpangan, di mana tiga sel bertemu, mempertahankan pengaturannya memerintahkan kabel dan motor.

Reference: Ebrahim et al., 2013 NMII Forms a Contractile Transcellular Sarcomeric Network to Regulate Apical Cell Junctions and Tissue Geometry. Current Biology ▶ http://goo.gl/Pwp7F