Teman Kini Dapat Membantu Memulihkan Akun Facebook Anda yang Dibajak Hacker



keamanan, facebook, security, Teman Kini Dapat Membantu Memulihkan Akun Facebook Anda yang Dibajak Hacker

Menjaga account online Anda aman tidak lah mudah. Sering kali, orang akan memilih kenyamanan atas keamanan. Dan bahkan dengan praktik keamanan terbaik bisa saja terjadi hal yang bisa salah. Lebih sering daripada tidak, ketika seorang penjahat maya dapat menguasai salah satu account Anda, Anda akan terkunci.

Sekarang, Facebook menawarkan cara untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda yang dibajak dengan memperluas ketersediaan Trusted Friends atau Teman Terpercaya, sekarang disebut Kontak Terpercaya (Trusted Contacts).

Kontak Terpercaya memungkinkan Anda untuk menunjuk beberapa teman Facebook yang akan dapat membantu Anda mendapatkan kembali account Anda jika Anda kehilangan password atau hacker mengambil alih akun Anda.

Idenya sederhana. Teman yang Anda pilih akan dapat memberikan Anda akses ke akun yang di bajak, didasarkan pada kenyataan bahwa mereka dapat memverifikasi bahwa Anda memang yang memiliki hak untuk mengakses akun tersebut.

Fitur ini telah ada sejak tahun 2011, tapi sekarang menjadi tersedia untuk semua pengguna. Namun di Indonesia mungkin belum tersedia, dan untuk menjalankan fitur ini, kita dapat memilih 3-5 kontak yang dapat dipercaya. Untuk pengaturannya dapat dilihat pada tab pengaturan keamanan.

Sebaiknya, ini adalah orang yang Anda kenal dalam kehidupan nyata, yang dapat Anda telpon atau bertemu langsung, atau setidaknya memiliki metode alternatif kontak dengan selain Facebook.

Setelah Anda membuat kontak yang dapat dipercaya, jika Anda pernah mengalami kesulitan login, Anda akan memiliki kontak terpercaya Anda sebagai pilihan untuk membantu. Anda hanya perlu menelepon kontak terpercaya Anda dan biarkan mereka tahu bahwa Anda perlu bantuan mereka untuk mendapatkan kembali akses ke akun Anda.

Masing-masing dari mereka bisa mendapatkan kode keamanan untuk Anda dengan petunjuk tentang cara untuk membantu Anda. Setelah Anda mendapatkan tiga kode keamanan dari kontak terpercaya, Anda dapat memasukkan kode tersebut ke dalam Facebook untuk memulihkan account Anda.