Hadiah US$ 20.000 Jika Berhasil Membobol Chrome

Untuk kelima kalinya, kontes Pwn2Own digelar kembali. Kali ini memperebutkan hadiah uang tunai total US$ 125.000 bagi mereka yang berhasil meretas (hacking) peramban-peramban desktopdan mobile yang populer di dunia.

Kontes tahunan ini akan diadakan bersamaan dengan konferensi sekuriti CanSecWest di Vancouver, British Columbia - Kanada, 9 Maret mendatang. Acara ini bertujuan mencari celah rawan pada peramban dan melindungi konsumen dari kejahatan dunia cyber.


Siapa saja bisa mencoba ikut meretas peramban macam IE, Firefox, Safari, atau Chrome dan yang pertama berhasil langsung menerima US$ 15.000 lengkap dengan komputer yang dipakainya. Khusus untuk Google Chrome akan mendapatkan hadiah tertinggi US$ 20.000 (sekitar Rp 180 juta) yang merupakan sumbangan hadiah langsung dari vendor Google.

Setiap peserta kontes boleh memilih menggunakan sistem berbasis Windows 7 atau Mac OS untuk menaklukkan kuartet peramban ternama di dunia tersebut. Namun hacker yang berhasil dalam kontes ini sementara memang dilarang memublikasikan kelemahan yang didapatnya hingga vendor yang bersangkutan menyediakan penambal (patch) untuk meng-update peramban yang berhasil diretas tersebut.

Bagi yang tertarik mengetahui lebih lengkap tentang ajang Pwn2Own 2011 ini bisa berkunjung ke link http://dvlabs.tippingpoint.com. Tahun lalu, Google Chrome masih menjadi peramban tertangguh  yang sulit ditembus oleh peretas.