Kontroler Gerak Mirip Microsoft Kinect Masuk ke Komputer PC


Kontroler gerak dalam waktu dekat tak hanya dapat dinikmati melalui konsol-konsol game generasi mutakhir.
Pasalnya, Asus berencana membawa kontroler gerak ke produk komputernya tahun ini.
Seperti dikutip dari PC Magazine, Asus tengah bekerja sama dengan perusahaan Israel bernama PrimeSense untuk mengaplikasikan kontroler gerak ke dalam komputer.

Tak cuma untuk aplikasi game, namun pengguna komputer, nantinya  bisa menggunakan kontroler 3-D ini untuk berselancar konten multimedia, berselancar internet, atau mengakses jejaring sosial. 
Semua aktivitas tadi bisa dilakukan dengan cara yang berbeda daripada sekadar memanfaatkan tetikus dan papan kunci, yakni memanfaatkan interaksi gerakan tubuh. 
PrimeSense, perusahaan yang berbasis di Tel Aviv Israel, akan menggunakan teknologi yang mereka namakan WAVI Xtion.
PrimeSense adalah perusahaan yang menemukan teknologi Immersive Natural Interaction technology, yang digunakan untuk membuat kontroler Microsoft Kinect untuk konsol Xbox 360.
"Asus mengkombinasikan teknologi PrimeSense yang merupakan solusi lintas ruang nirkabel, dengan teknologi kontrol yang simpel, intuitif, dan berbasis gerakan tubuh, agar pengguna bisa menikmati dan berbagi konten PC di TV," ujar Kent Chien, General Manager Asus, dalam pernyataan tertulisnya.
Wavi Xtion sendiri juga akan diluncurkan oleh Asus pada perhelatan pameran komputer dan elektronik akbar Consumer Electronics Show di Las Vegas, pekan ini.
Sebuah basis kode pemrograman 3-d untuk PC akan tersedia bagi para pengembang untuk membuat aplikasi mereka di platform kontroler ini. 
Selain itu, Asus juga akan menyediakan Xtion Online Store, yang akan diluncurkan secara komersial pada Februari 2011. Rencananya konsol ini akan dijual secara komersial pada kuartal 2 tahun ini.