Fenomena Pemain Naturalisasi

Pemain berdarah asing kini sedang gencar dijadikan Warga Negara Indonesia (WNI). Dengan demikian pemain bersangkutan bisa membela timnas Indonesia di ajang internasional.

Contoh proses yang kerap dinamai naturalisasi ini sudah dialami oleh Cristian Gonzales dan Kim Jeffrey Kurniawan. Nama itu kemungkinan bakal bertambah dengan James Zaidan Saragih, Andrea Bitar, Stefano Lilipaly, Mark van de Mareel, atau Oliver Rifai.



Mereka merupakan pemain keturunan Indonesia yang tengah menjalani seleksi timnas U-23 yang dipersiapkan untuk Pra Olimpiade 2012.

Pemain naturalisasi ini lagi seksi. Mereka tengah disorot karena ini (naturalisasi) masih baru. Bukan artinya pemain lokal tidak diminati karena nanti pada akhirnya kualitas yang bicara. Kalau pemain lokal lebih bagus ya pasti masyarakat bisa melihatnya."

Naturalisasi merupakan proses yang tidak dihindari dengan adanya proses globalisasi. Para pemain keturunan atau pun sudah pernah tinggal lama di Indonesia punya hak untuk membela timnas.

Masyarakat hanya perlu untuk beradaptasi dengan proses tersebut. Apalagi menjunjung hak yang sama merupakan prinsip dalam olahraga seperti sepakbola.

Prinsip sepakbola itu memberi hak yang sama untuk mereka yang punya asal-usul Indonesia untuk membela Indonesia. Suka tidak suka pemain keturunan itu tidak bisa dicampakkan begitu saja.