Penjelasan Ilmiah ‘ Ditindih Hantu ‘ atau Eurep-Eurep (STRONG SLEEP PARALYSIS)

Ditindih Hantu ‘ atau Eurep-Eurep (STRONG SLEEP PARALYSIS)
Agak bingung memang menyebutkan namanya. Kalau tidak salah di Jawa namanya kentindihen karena dianggap kita lagi ditindih Hantu, Jin dsb...sedangkan orang  Sunda bilang namanya eurep-eurep. 


Kejadiannya seperti ini terjadi ketika kita lagi tertidur dan kemudian terbangun, kita merasakan ada sesuatu yang membuat tubuh kita tidak bisa bergerak, kaki dan tangan kaku,bahkan untuk membuka mata lebar-lebar juga susah banget. Kita hanya bisa mematung dan terus mematung pasrah atas apa yang terjadi…ada yang bilang saat itu jin atau ada yang percaya hantu lagi menindih tubuh kita, jadinya kita gak bisa bergerak.


Ternyata, menurut kalangan ilmiah, kondisi yang demikian dinamakan STRONG SLEEP PARALYSIS. Begini penjelasan ilmiahnya menurut ilmuwan, saat kita lagi asyik-asyik tertidur, tiba-tiba saja saraf motorik kita berkontraksi dan membuat kita jadi terbangun. Namun, pada saat itu otak kita belum siap menerima kalau kita ternyata sudah bangun. 


Pada saat kita tidur, yang bekerja adalah saraf motorik kita, akhirnya kita tidak sadar bergerak-gerak dalam tidur. Kadang ada yang heran kan waktu mau tidur posisi kepala di sebelah sana eh pas bangun tau-tau posisi kepala udah ke sana, begitu juga halnya kita tidak sadar saat menggaruk-garuk ketika tengah tidur. 


Nah, pada saat tertentu, kondisi yang demikian tanpa kita sadari membuat kita terjaga namun otak belum siap, ibaratnya otak kita masih tidur. Jadi saat kita akan menggerakan tangan, kaki, ataupun membuka mata lebar-lebar, tidak direspon sama otak. Ya, jadilah kondisi yang demikian, kita hanya bisa menunggu sampai otak benar-benar bangun dan baru kita bisa bergerak. 


Sekarang saya mempunyai penjelasan ilmiah ketika suatu saat mengalami hal yang seperti itu. Setelah mengetahui hal ini, jadi tidak terlalu takut lagi dengan anggapan ditindih hantu atau eureup-eureup, karena sudah ada penjelasan ilmiahnya. Lumayan sering juga saya mengalami kejadian seperti ini sewaktu masih SD dan SMP, sekarang sudah jarang mengalaminya. Cara mengatasinya biasanya dengan mengatur nafas, tenang dan doa. 

Semoga bisa membantu............


Source

Artikel Terkait:
Apa Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Manusia Tidur
Pola Tidur dalam Tahapan REM [Rapid Eye Movement]