5 Teknologi Terpanas 2010

Rentetan teknologi baru yang memudahkan hidup kita sehari-hari mewarnai jagat digital. Mulai dari smartphone, laptop, tablet PC, dan sebagainya, yang masing-masing menawarkan kelebihan fungsi dan fiturnya sesuai segmen pasar yang dituju.

Tak hanya itu, di luar perangkat mobile atau gadget, penggiat teknologi telah membuat terobosan dengan menayangkan siaran 3D pertama di dunia. Inovasi ini untuk mengimbangi peredaran televisi 3D yang mulai menjamur di dunia sejak tahun 2009 silam.

Terobosan lain, untuk pertama kalinya, pesawat luar angkasa swasta pertama meluncur dari Bumi. Keberhasilan ini menandakan dimulainya bisnis pariwisata ke ruang angkasa.

Sementara kabar baik dari dunia jaringan, Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang berhasil membangun dan menyelenggarakan jaringan komersial EV-DO (Evolutin Data Optimized) Rev. B di Bali.

Berikut ulasan secara lebih detail lima teknologi terpanas sepanjang tahun 2010:


1. Tablet PC
Apple iPad dipamerkan di San FransiscoTak dipungkiri, Apple iPad sukses memicu pertumbuhan pasar tablet PC. Sejakkemunculannya di bulan Januari, popularitas iPad terus melejit. Bahkan, ia juga disebut-sebut sebagai inspirasi produk Samsung Galaxy Tab, Kindle, dan BlackBerry PlayBook.

Bahkan sejumlah pengembang aplikasi, termasuk media, berlomba-lomba untuk menyediakan aplikasi khusus yang bisa beroperasi di atas Apple iOS dan Google Android agar bisa diadopsi oleh perangkat tablet PC. Bagaimana wajah tablet PC di 2011? Khusus iPad, rumornya bisa online di jaringan GSM dan CDMA sekaligus.

2. Smartphone
Apple iPhone 4Smartphone alias ponsel pintar masih menjadi topik hangat sejak tahun 2009. Konsumen selalu haus informasi seputar ponsel-ponsel pintar yang baru keluar. Sebut saja brand-brand seperti BlackBerry, iPhone, HTC, Samsung, Dell, dan masih banyak yang lainnya.

Sejatinya, sebagian besar orang berasumsi, fenomena smartphone ini didorong derasnya arus media sosial yang penggunaannya bergeser dari PC (desktop atau laptop) ke perangkat bergerak. Di tahun ini, beberapa produk cukup bersinar, misalnya seperti BlackBerry Onyx II, iPhone 4, Samsung Galaxy S, dan HTC Legend. 



3. Siaran televisi 3D Pertama di Dunia
Fans sepakbola di London saat menyaksikan siaran 3D antara Arsenal dan MUKonon, teknologi 3D akan disematkan pada seluruh televisi di dunia dan diproyeksi'booming' mulai tahun 2013, ketika produk TV 3D diproduksi secara masif dan harganya terjangkau. Perkiraan ini yang kemudian mendorong Sky, perusahaan penyedia layanan TV berbayar di Inggris, untuk menayangkan siaran 3D pertama di dunia.

Siaran televisi 3D perdana itu diselenggarakan 31 Januari 2010 yang menyiarkan laga pertandingan sepakbola antara Arsenal dan Manchester United. Dengan mulai meningkatnya jumlah peredaran pesawat televisi 3D di Inggris, Sky berjanji untuk menayangkan secara rutin siaran langsung liga primer Inggris secara 3D di ratusan pub lainnya, mulai musim panas ini.

4. Pesawat Luar Angkasa Swasta Pertama Berhasil Meluncur
Peluncuran pesawat luar angkasa SpaceXKeberhasilan ini menandakan dimulainya bisnis pariwisata ke ruang angkasa.SpaceX mengukuhkan diri sebagai pesawat antariksa komersial pertama di dunia yang siap membawa Anda bertamasya ke luar Bumi. Kapsul milik Space Exploration Technologies Corp itu mengangkasa selama tiga jam dan berhasil mengitari bumi di orbitnya sebanyak dua kali. Ia berhasil menjalankan misinya dan dikabarkan jatuh di Samudera Pasifik sesuai perintah.

Space Exploration Technologies tidak sendirian. Ada sembilan pesawat luar angkasa swasta lain yang siap mengantar Anda berwisata menikmati keindahan antariksa.

5. Teknologi EV-DO Rev. B Pertama di Dunia
Ilustrasi BTSBiasanya teknologi jaringan selalu diluncurkan pertama kali secara komersial di AS. Namun, kali ini Indonesia berhasil menggelar teknologi tersebut secara komersil pertama di dunia. Di Bali, Smart Telecom bekerja sama dengan ZTE dan Qualcomm sukses mengupgrade jaringan dengan kecepatan download 9,3Mbps dan upload 5,4 Mbps.

Ketika diluncurkan, Smart mematok layanan EV-DO Rev. B dengan biaya langgan sebesar Rp450.000 (belum termasuk PPN) per bulannya selama satu tahun. Pelanggan juga akan mendapatkan sebuah modem EV-DO Rev. B secara cuma-cuma.