Trik Menyembunyikan File dan Folder di Windows

Jika ingin file atau folder pribadi milik anda tidak dapat dengan mudah dilihat dan diakses oleh orang lain yang menggunakan komputer anda, ada baiknya anda melindungi file atau folder anda dengan menyembunyikannya.

Berikut caranya, klik kanan file atau folder yang ingin anda sembunyikan, lalu pilihlah [Properties] dari menu yang tampil dengan cara mengkliknya. Kemudian setelah jendela file atau folder Properties anda muncul, anda tinggal memberikan tanda centang di opsi [Hidden] di bagian Attributes tab General. Setelah itu klik [OK]. File atau folder yang telah memiliki Attributes Hidden yang aktif tersebut akan terlihat lebih transparant jika kita bandingkan dengan file atau folder yang Attributes Hidden nya tidak aktif.


Setelah itu anda lakukan, Refresh lah jendela yang aktif dengan cara mengklik kanan area kosong jendela yang aktif kemudian klik [Refresh]. Maka simsalabim, dalam sekejap file anda akan hilang. Hilang disini bukan berarti file atau folder anda terhapus, namun file dan folder anda sebenarnya hanya tersembunyi.

Pertanyaan selanjutnya yang muncul dibenak anda tentunya, bagaimana caranya agar anda dapat memunculkan kembali file atau folder yang telah hilang tersebut agar dapat anda gunakan. Caranya adalah sebagai berikut; pilihlah opsi [Tools] > [Folder Options] dari menu bar jendela Windows Explorer anda. Maka jendela Folder Options akan terbuka, kemudian klik tab [View], dan aktifkan opsi [Show hidden files and folders] di bagian [Advanced settings].

Untuk dapat meyembunyikan file atau folder anda kembali tentunya anda tinggal mengaktifkan opsi [Do not show hidden files and folders].