Tips Membeli Komputer Sesuai Kebutuhan Anda

Tips Membeli Komputer
Membeli komputer tak bisa sembarangan, hal yang paling penting adalah anda harus tahu dahulu tentang komputer dan bila anda ingin membeli komputer tapi tak tahu tentang komputer, maka anda harus menanyakannya pada yang ahli minimal bertanya pada teknisi komputer yang ada di toko komputer di tempat anda membeli komputer. 

Ada 2 jenis komputer desktop yang bisa kita pilih yaitu Komputer rakitan dan built up. Komputer rakitan berarti kita memilih parts atau komponen yang kita inginkan baru kemudian kita rakit menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer seutuhnya. Komputer built up berarti kita membeli jadi sebuah komputer yang telah dirakit oleh vendor atau perodusen tertentu. Jadi membeli komputer built up persis seperti membeli TV. Komputer built up memang lebih simple saat membelinya, tapi harga PC built up lebih mahal dengan spesifikasi yang sama, PC rakitan bisa lebih murah 40% – 50% daripada PC built up. Kelebihan PC built up yang paling signifikan adalah umur yang lebih panjang dan biasanya disertakan software Windows asli. 

Anda tidak perlu khawatir jika membeli komputer rakitan, asalkan anda bertanya langsung dengan teknisi komputer atau mengupdate pengetahuan anda tentang produk dan komponen yang support dengan produk rakitan yang anda beli maka anda tak perlu khawatir tentang lama dan tidaknya umur komputer anda asalkan saling support produknya maka di jamin komputer anda akan tahan lama.

Check list parts pada saat membeli PC:

Processor

Pilihan yang paling umum saat ini adalah AMD dan intel. AMD menawarkan kinerja yang luar biasa khususnya untuk grafis, sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan. Harga prosesor AMD dengan performa yang sama dengan Intel bisa setengahnya. Pilihan prosesor lebih ke selera dan kebutuhan. Jika suka main game dan disain, terutama yang mendukung 3D prosesor AMD sangant bisa di andalkan. Jika untuk kebutuhan kantor, digunakan sehari-hari, untuk server, atau warnet, Intel bisa menjadi pilihan. 

Motherboard 

Banyak pilihan motherboard yang tersedia di pasaran dengan bermacam-macam merk dan fitur yang di dukungnya. Harganyapun bervariasi bisa disesuaikan dengan kantong anda. Disini yang paling penting motherboard harus cocok dengan prosesor yang kita pilih. Beberapa Merk motherboard yang sudah terbukti kehandalannya seperti ASUS, MSI, Gigabite, Intel dll.

VGA card

VGA card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3D. Ada dua port untuk VGA; PCI-Express (PCI-X) dan AGP. PCI-X adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP. Biasanya PCI-X sudah banyak terdapat di mobo terbaru. Tapi jika hanya dipakai untuk kebutuhan office, AGP sudah lebih dari cukup. Dan jika anda yang berdana terbatas, VGA card tambahan ini bisa diabaikan jika mobo anda memiliki built in VGA card/onboard.

Memory

Memory atau RAM adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-2, DDR-3. Periksa apakah mobo anda mendukungnya. DDR-3 jelas lebih cepat daripada DDR-2. Sekarang harga DDR-3 lebih murah dari DDR-2 bisa sampai setengahnya. Sedangkan DDR-1 sudah jarang digunakan.

Harddisk

Jika mobo anda mendukung SATA jangan ragu-ragu gunakan SATA. Port IDE lama kurang ergonomis dan tentu saja kalah cepat dibanding SATA. Harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk ukuran kapasitas harddisk itu terserah anda. Semakin besar kapasitasnya tentu saja semakin mahal.

Soundcard

Pada umumnya mobo sekarang sudah dilengkapi dengan soundcard built in. Jadi kemungkinan anda tidak usah membelinya. Kecuali jika anda seorang profesional di bidang musik atau pecinta tata suara 3D. Anda bisa membeli soundcard yang jauh lebih handal.

Power Supply

PSU (power supply unit) sangatlah beragam pilihannya, dari yang murah sampai yang super mahal. Semakin mahal tentu saja semakin stabil pasokan listrik dan semakin awet komponen PC anda. Tapi tidak berarti yang murah itu murahan. Paling tidak komputer anda bisa dipakai seperti biasa. Biasanya PSU standar sudah bersama dengan casing yang bisa anda pilih sesuai selera.

Monitor
Saat ini monitor LCD atau LED sudah semakin terjangkau dengan harga dan ukuran yang bervariasi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

Sisanya adalah aksesoris seperti; CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard, Printer, dan sebagainya itu terserah selera anda. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah anda beli. Hati-hati, merk mahal belum tentu sesuai, belilah sesuai kebutuhan.



Artikel Terkait:
Tips Membeli Komputer Baru Dengan Harga Terjangkau
Perkembangan Perangkat Keras KomputerSemua Tentang RAM (Random Access Memory)Motherboard Mini-ITX
Tips Membeli LCD TV, LED TV dan 3D TV, Agar Tidak Salah PilihPerbedaan PC Windows dan Mac OS