Cara Overclock Prosesor Ponsel Android Agar Lebih Cepat

Seperti halnya pada komputer, ponsel Android juga dapat di overclock. Overclocking adalah sebuah metode dimana Anda dapat meningkatkan kinerja prosesor. Setelah prosesor di-overclock, ponsel akan berjalan lebih cepat daripada sebelumnya.

android, overclock, Overclocking, kernel android, root, tips trik, prosesor

Untuk mengoverclock prosesor ponsel, ada berbagai langkah yang harus dilakukan agar proses everclocking berjalan dengan mulus. Overclocking juga sangat berisiko dan ponsel Anda bisa berakhir dengan kerusakan, jika Anda tidak melakukannya dengan cara yang benar.

Dalam artikel ini kita akan membahas hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan overclock, sehingga akan membuat konsep overclocking Anda menjadi sedikit lebih jelas dan tidak merusak ponsel.

Berikut ini langkah-langkah yang diperlukan untuk mengoverclock ponsel Android:

Ponsel harus sudah di-root terlebih dahulu. Untuk melakukan overclock, kita harus menginstal Kernel ke ponsel, untuk itu kita harus mendapatkan akses tak terbatas pada ponsel. Oleh karena itulah kita harus me-root ponsel terlebih dahulu. Untuk panduan rooting dapat dilihat disini. Namun perlu diingat bahwa dengan me-rooting ponsel, akan membatalkan garansi!

Ganti Android Stock Recovery dengan CWM atau TWRP Recovery. Ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal kernel dan CUSTOM ROM tambahan pada ponsel Anda, dimana Android Stock Recovery tidak memungkinkan Anda untuk melakukannya.

Juga perlu diingat bahwa, beberapa CUSTOM ROM datang dengan kernel pra-instal yang akan memungkinkan Anda untuk mengoverclock prosesor ponsel. Jadi, jika ROM pada ponsel mendukung, Anda tidak perlu menginstal Kernel.

Jika ROM ponsel tidak memiliki kernel yang memungkinkan Anda untuk mengoverclock prosesor, maka Anda akan harus menginstal kernel secara manual.

Download Kernel yang diperlukan, Wipe Data dan kemudian flash kernel menggunakan CWM dan TWRP Recovery. Tapi harus hati-hati ketika menginstal kernel, apakah mendukung ponsel Anda. Karena jika kernel yang Anda flash tidak cocok, itu mungkin akan merusak ponsel.

Setelah selesai menginstal kernel, instal aplikasi SET-CPU yang tersedia di Play Store. Dan kemudian overclock prosesor.

Perhatikan bahwa overclocking prosesor akan meningkatkan kinerja, tetapi perlu diingat juga bahwa ketahanan prosesor akan menurun. Untuk itu jika tidak diperlukan, Anda tidak harus mengoverclock prosesor.

Itulah beberapa langkah-langkah dasar yang harus Anda ikuti untuk mengoverclock prosesor ponsel Android. Saya berharap konsep overclocking sekarang akan lebih jelas dalam pikiran Anda.
Enhanced by Zemanta