Apa Pengaruh mobile gaming bagi masa depan PC game dan konsol game?

Apa Pengaruh mobile game bagi masa depan PC game dan konsol game?

Saat ini, game PC masih merupakan bagian penting dari budaya game. Ada gamer yang tidak akan pernah menyentuh konsol dan akan tetap teguh dengan PC. Meskipun demikian, sulit untuk menyangkal dampak bahwa konsol game telah hadir di game PC.

Tidak hanya beberapa game PC "menahan" grafis di bawah optimal, karena pada awalnya game tersebut dibuat untuk konsol, tetapi mekanik kontrol PC telah menjadi umum sebagai pengendali gaya gameplay.

Jenis perubahan yang sama nampaknya terjadi juga untuk konsol dan PC sebagaimana industri game mobile tumbuh.

Bagaimana mobile gaming telah mempengaruhi konsol dan PC game

Mungkin kita pernah mendengar pembicaraan tentang bagaimana mobile gaming akan mempengaruhi masa depan konsol dan PC game, dan kenyataannya adalah bahwa hal itu sudah mulai berdampak pada PC dan konsol game.

Windows 8 penuh dengan game mobile dengan gaya baru dan UI modern. Banyak game mobile populer juga tersedia langsung dari browser Anda sebagai game PC. Kita bahkan melihat beberapa game selular membuat jalan ke toko online untuk konsol seperti PS3 dan Xbox 360. Banyak dari judul-judul ini, seperti Angry Birds, tidak jauh berbeda dari versi mobile, dengan cara yang sama bahwa beberapa port PC tidak jauh berbeda dari versi konsol.

Dan kemudian ada "freemium" game. Dalam dunia mobile gaming, banyak orang menyukai ide game gratis. Sementara banyak dari kita benar-benar membenci permainan yang sangat bergantung pada aplikasi pembelian, mereka telah dengan cepat menjadi biasa dalam dunia mobile, tapi bagaimana pada konsol dan PC?

Ponsel game mungkin sudah menjadi mainstream, tapi mungkin saat ini kita masih dalam tahap sangat awal dari sebuah revolusi mobile gaming.

Langkah berikutnya ke depan dapat ditemukan dalam perangkat seperti Ouya, Gamestick dan Gamepop. Ini yang disebut mikro-konsol menggunakan kekuatan Android dan perpustakaan game mobile. Perangkat tersebut ditujukan untuk gamer kasual, keluarga, pecandu open source dan orang-orang yang hanya tidak mampu untuk membayar harga yang lebih tinggi terkait dengan konsol hardware dan game.

ouya, game, mobile game, konsol game, pc game

Pada saat ini, sistem seperti Ouya jauh dari sebanding dengan game konsol saat ini, bukan hanya grafis tetapi juga dari segi kualitas permainan. Meskipun begitu, dalam beberapa tahun ke depan kita mungkin bisa melihat sebuah adegan yang sangat berbeda.

Hal ini terutama berlaku pada teknologi seperti OnLive (game streaming) yang terus berkembang. Jika Anda belum pernah menggunakan OnLive sebelumnya, ia bekerja cukup baik dengan koneksi cepat, meskipun memiliki beberapa kelemahan seperti sesekali lag yang menahannya dari menjadi benar-benar luar biasa. Tapi perubahan teknologi dengan cepat dan kombinasi koneksi internet membaik, server yang cepat dan sistem pengiriman streaming yang lebih baik yang bisa berarti bahwa dalam beberapa tahun Anda bisa memiliki permainan streaming ke ponsel Anda, tablet atau mikro-konsol yang setiap bit semakin canggih dan fungsional seperti yang Anda akan temukan di konsol atau bahkan PC.

Selain itu, perangkat seperti  Nvidia Shield yang ditenagai prosesor Tegra 4 menawarkan hal menarik dalam melihat apa yang bisa menjadi masa depan game genggam. Nvidia Shield ini menawarkan grafis yang indah, kekuatan Android dan layar 5-inci. Selain itu ada fungsi baked-in yang memungkinkan streaming game PC ke perangkat, memberikan pengalaman gaming yang lebih dalam dari saat ini ditemukan di Android.

nvidia shield, game, mobile game, konsol game, pc game

Ponsel gaming TIDAK akan menggantikan PC atau konsol game. Meskipun apa yang beberapa "analis" katakan, PC dan game konsol tidak akan mati, sekarat atau dalam masalah besar.

Sulit untuk mengatakan jika game mobile bahkan akan menyalip konsol game di dominasi pasar di masa mendatang, tapi kita tidak akan terkejut jika itu menjadi kenyataan. Pemirsa potensial yang terbesar kemungkinan besar adalah keluarga dan gamer kasual. Alasan untuk ini adalah bahwa khalayak cenderung tidak peduli grafis atau bahkan fitur.

Pada Nintendo Wii dijual game seperti geng-busters dan belum memiliki versi online, game sosial yang rendah pengalaman grafis. Yang Anda butuhkan adalah sensasi, keterjangkauan dan beberapa judul game berkualitas untuk memenangkan jenis gamer ini. Ini berarti bahwa Sony dan Microsoft mungkin tidak perlu khawatir, tapi Nintendo harus berpikir panjang dan keras tentang strategi mereka ke depan.

Pada akhirnya, yang disebut "hardcore" gamer tidak akan mudah mengesampingkan konsol tradisional mereka atau rig game kustom yang mendukung perangkat mobile gaming, layanan mikro-konsol atau permainan streaming. Meskipun itu bukan titik akhir.

Gamer PC masih akan ada meskipun di dominasi konsol game. Hal yang sama bisa dikatakan untuk konsol game, itu akan tetap ada tapi tidak akan selalu menjadi pintu gerbang utama untuk dunia game. Itu juga berarti bahwa kita mungkin akan melihat konsol dan game PC 'berevolusi' dengan cara yang mencerminkan tren populer di dunia mobile gaming. Sama seperti game PC telah (bisa dibilang) berubah karena konsol game.

Bagaimana menurut Anda, apakah mungkin game mobile akan mempengaruhi masa depan PC dan konsol game?