Apa itu 'VPN' Virtual Private Network?


Sebuah VPN, atau Virtual Private Network, memungkinkan Anda untuk membuat sambungan aman ke jaringan lain melalui Internet. VPN dapat digunakan untuk mengakses situs yang berada di luar jangkauan wilayah, melindungi aktivitas browsing Anda dari pencuri data pada Wi-Fi publik, dan banyak lagi.

VPN pada dasarnya meneruskan semua lalu lintas jaringan Anda ke jaringan, yang berguna untuk seperti mengakses local area network dari jarak jauh dan melewati sensor internet. Dan kebanyakan sistem operasi telah terintegrasi dengan dukungan VPN.

Apa itu VPN?
Ketika Anda menghubungkan komputer Anda (atau perangkat lain, seperti smartphone atau tablet) ke VPN, komputer bertindak sebagai jaringan lokal yang sama seperti VPN. Semua lalu lintas jaringan Anda dikirim melalui sambungan aman ke VPN. Karena komputer Anda berperilaku seolah-olah ada di jaringan, ini memungkinkan Anda untuk secara aman mengakses sumber daya jaringan lokal bahkan ketika Anda berada di sisi lain dunia. Anda juga akan dapat menggunakan internet seolah-olah Anda hadir di lokasi VPN, yang memiliki beberapa manfaat jika Anda menggunakan Wi-Fi atau ingin mengakses situs yang diblokir.

Ketika Anda menelusuri web saat terhubung ke VPN, kontak komputer Anda ke situs web melalui koneksi VPN terenkripsi. VPN meneruskan permintaan Anda dan meneruskan respon dari website kembali melalui sambungan aman. Jika Anda menggunakan VPN yang berbasis di AS untuk mengakses Netflix, Netflix akan melihat koneksi Anda berasal dari dalam Amerika Serikat.

Penggunaan VPN
VPN adalah alat yang cukup sederhana, tetapi dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal:

Akses Jaringan Bisnis Ketika di Perjalanan : VPN sering digunakan oleh pelancong bisnis untuk mengakses jaringan bisnis mereka, termasuk semua sumber daya jaringan lokal, ketika di perjalanan. Sumber daya lokal tidak harus terhubung langsung ke Internet, sehingga meningkatkan keamanan.

Akses Jaringan Rumah Anda Ketika Bepergian : Anda juga dapat mengatur VPN Anda sendiri untuk mengakses jaringan Anda sendiri saat bepergian. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses Remote Desktop Windows melalui Internet, berbagi berkas file, dan bermain game melalui internet seolah-olah Anda berada di LAN yang sama (local area network).

Menyembunyikan Aktivitas Browsing Anda Dari Jaringan Lokal Anda dan ISP : Jika Anda menggunakan koneksi Wi-Fi publik, aktivitas browsing Anda di situs web non-HTTPS terlihat untuk semua orang, jika mereka tahu bagaimana mencarinya. Jika Anda ingin menyembunyikan aktivitas browsing Anda untuk sedikit lebih privasi, Anda dapat terhubung ke VPN. Jaringan lokal hanya akan melihat satu sambungan aman VPN. Semua traffic lain akan melakukan perjalanan melalui koneksi VPN. Meskipun hal ini dapat digunakan untuk memotong koneksi-monitoring oleh penyedia layanan Internet Anda, ingatlah bahwa penyedia VPN dapat memilih untuk log lalu lintas di ujungnya.

Akses Website yang di Blokir : Ini adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mengakses situs-situs yang diblokir dengan sangat mudah. Anda bisa menggunakan layanan VPN berbayar maupun layanan VPN gratis.

Bypass Sensor Internet : Banyak orang China menggunakan VPN untuk mengakali Great Firewall of China dan memperoleh akses ke seluruh internet. (Namun, Great Firewall tampaknya telah mulai mengganggu VPN)

Download File : Banyak orang menggunakan koneksi VPN untuk men-download file melalui BitTorrent. Ini sebenarnya dapat berguna bahkan jika Anda men-download torrents yang sepenuhnya legal - jika ISP Anda memblokir BitTorrent dan membuatnya sangat lambat, Anda dapat menggunakan BitTorrent pada VPN untuk mendapatkan kecepatan lebih cepat. Hal yang sama berlaku untuk jenis lain dari lalu lintas ISP Anda yang mungkin mengganggu (kecuali mereka mengganggu lalu lintas VPN itu sendiri.)

Menggunakan VPN
Menghubungkan ke VPN cukup sederhana. Pada Windows, tekan tombol Windows, ketik VPN, dan klik pilihan Set up virtual private network (VPN). (Jika Anda menggunakan Windows 8, Anda harus mengklik kategori Settings setelah mencari.) Gunakan wizard untuk memasukkan alamat dan login dari layanan VPN yang ingin Anda gunakan. Anda kemudian dapat menghubungkan dan memutuskan sambungan dari VPN menggunakan ikon jaringan di system tray yang sama di mana Anda mengelola jaringan Wi-Fi Anda.

Beberapa penyedia VPN dapat menawarkan klien yang melakukan konfigurasi ini untuk Anda.

konfigurasi VPN



Layanan VPN gratis
Jika Anda baru saja mengenal VPN dan ingin VPN dasar untuk digunakan pada hotspot Wi-Fi atau mengakses situs-wilayah terbatas, ada beberapa layanan gratis yang cukup baik.

TunnelBear memiliki setup yang mudah dan sederhana. Anda cukup meng-klik tombol dalam aplikasi, Anda bahkan tidak perlu mengkonfigurasi VPN pada Windows. Versi gratis membatasi Anda untuk 500 MB per bulan, tapi itu mungkin baik untuk penggunaan sesekali.

Ada juga proXPN , yang menyediakan klien bebas. Gratis klien terbatas pada 300kbps, tapi lalu lintas sebaliknya terbatas.

Anda juga mungkin tertarik dalam mendirikan VPN di server Anda sendiri, yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Tomat atau OpenWRT. Tentu saja, ini tidak akan memungkinkan Anda untuk mengakses situs web yang diblokir, kecuali jika Anda bepergian ke luar negeri dan mengakses jaringan Anda sendiri dari jarak jauh.