APU Untuk Embedded System dari AMD

APU Untuk Embedded System dari AMD
Lampu lalu lintas, papan reklame digital, set top box, dan mesin penjual otomatis (vending machine). Itulah contoh peralatan yang menanamkan sistem komputer sebagai bagian pentingnya.

Merebaknya penggunaan komputer di berbagai fasilitas publik dan komersial semacam itu mengundang AMD untuk terus berinovasi. 

Sebagai pembuat prosesor terkemuka, AMD memahami kebutuhan para produsen akan prosesor yang andal sebagai otak untuk menjalankan fungsionalitas mesin-mesin mereka. Istilahnya, embedded system.

Untuk itulah, mereka merilis prosesor teknologi baru AMD Embedded G-Series, seri Accelerated Processing Unit (APU) untuk embedded system pertama dan satu-satunya di dunia.

AMD Embedded G-Series mendasarkan dirinya pada teknologi AMD Fusion. Walhasil, seri ini mampu memberikan platform lengkap dan kaya feature dalam sebuah potongan silikon tunggal.

Dengan menggabungkan CPU x86 dan GPU DirectX 11, AMD mendesain prosesor ini supaya hemat daya tapi tetap mampu menampilkan grafis kelas atas.

“Komitmen AMD adalah untuk memastikan bahwa perubahan permainan teknologi yang kami kembangkan untuk konsumen dan perusahaan, juga tersedia untuk perluasan pasar embedded,” kata Patrick Patla (Corporate VP dan GM, Server and Embedded Division, AMD) dalam rilis persnya.

AMD memperkirakan, sejumlah embedded system yang memanfaatkan AMD Embedded G-Series ini akan diluncurkan dalam beberapa pekan ke depan oleh perusahaan-perusahaan seperti Advansus, Compulab, Congatec, Fujitsu, Haier, Kontron, Mitec, Quixant, Sintrones, Starnet, WebDT, dan Wyse.

Lembaga riset IDC memprediksi, pengiriman prosesor untuk embedded system akan meningkat dua kali lipat setiap tahunnya untuk lima tahun mendatang.

Sebagai produsen, AMD menyediakan tim pendukung untuk membantu perusahaan mendesain peranti berbasis AMD Embedded G-Series agar berbeda dari yang sudah ada. Untuk mengembangkannya pun, perusahaan dimudahkan berkat ekosistem terbuka yang meliputi beberapa opsi BIOS serta kemampuan multiplatform (Windows, Linux, dan OpenCL).

Spesifikasi AMD Embedded G-Series APU
APU Untuk Embedded System dari AMD
  • 1 or 2 x86 "Bobcat" CPU cores with 1MB L2 cache, 64-bit Floating Point Unit
  • Up to 1.6GHz
  • 9W and 18W TDP
  • Array of SIMD Engines: 
    - DirectX® 11 capable graphics 
    - Industry-leading 3D and graphics processing
  • 3rd Generation Unified Video Decoder
  • Power management features, including C6 and power gating
  • DDR3 800-1066 memory with support for 64 bit channel and 2 DIMMs
  • Ball Grid Array (BGA) package
  • 890mm² physical footprint, including the AMD Fusion I/O Controller Hub