Google Berencana Untuk Menggunakan Android Pada Mobil

google, android, teknologi, mobil, mobile technology, nvidia

Google menegaskan rencananya untuk membawa sistem operasi Android untuk mobil, dan membentuk Open Automotive Alliance (OAA). OAA adalah sebuah asosiasi kolaboratif yang bertujuan untuk membawa Android ke mobil. Google dan NVIDIA telah bermitra dengan beberapa perusahaan mobil terbesar di dunia, meliputi Amerika, Eropa, dan Asia: General Motors, Honda, Audi, dan Hyundai.

Dalam pengumuman nya Google menulis, "Dalam dunia multi-screen, beralih antara perangkat yang berbeda harus mudah dan mulus. Platform umum memungkinkan untuk satu pengalaman yang terhubung di ponsel, tablet dan PC, sehingga kita mendapatkan informasi yang tepat pada waktu yang tepat, tidak peduli perangkat apa yang kita gunakan. Tapi masih ada perangkat penting yang belum terhubung dengan mulus ke layar lain dalam hidup kita yaitu mobil."

Pihak Google mengatakan bahwa jutaan orang sudah membawa ponsel Android dan tablet untuk mobil, tapi pengalaman belum dioptimalkan untuk mengemudi. "Bukankah lebih bagus jika Anda bisa membawa aplikasi favorit dan musik dengan Anda, dan menggunakannya dengan aman dengan built -on kontrol mobil dengan in-dash display".

Di samping bekerja sama dengan mitra-mitranya, Google bekerja untuk memungkinkan bentuk-bentuk baru integrasi dengan perangkat Android, tetapi juga adaptasi Android untuk mobil untuk membuat mengemudi lebih aman, lebih mudah dan secara keseluruhan lebih menyenangkan.

"Menempatkan Android di dalam mobil akan membawa aplikasi driver dan layanan Google yang sudah biasa digunakan, sementara memungkinkan mobil untuk lebih mudah memberikan teknologi mutakhir untuk pelanggan. Dan itu akan menciptakan peluang baru bagi pengembang untuk memperluas variasi dan kedalaman ekosistem aplikasi Android dalam cara baru yang menarik dan aman, " kata Patrick Brady, direktur teknik Android.

Tentu saja, fakta bahwa Google ingin terlibat dalam bidang tertentu ini tidak lah benar-benar baru, terutama mengingat berapa lama telah mengembangkan mobil driverless (tanpa sopir). Dan sepertinya sekarang kita bisa melihat hubungan antara pembentukan OAA, dengan pengembangan mobil-mobil inovatif yang dilakukan Google.

Meski saat ini teknologi dan perangkat keras dari produsen mobil yang bekerjasama dengan Google tersebut belum dipamerkan, dalam Websitenya OAA mengatakan bahwa "Anda dapat mengharapkan untuk melihat mobil-mobil pertama dengan integrasi Android pada akhir tahun ini." NVIDIA sudah mengembangkan platform Tegra untuk dimasukkan lebih lanjut dalam sistem elektronik mobil.

Source: OAA