Cara Update GALAXY S2 dengan Android 5.0 LOLLIPOP

Samsung Galaxy S2 adalah salah satu handset andalan di keluarga Samsung, dan juga menjadi salah satu perangkat dengan penjualan terbesar yang pernah diraih. Sayangnya, Samsung telah memutuskan untuk menghentikan update firmware untuk Galaxy S2 dan tidak akan mengirimkan update KitKat/Lollipop 5.0 lebih lanjut. Meskipun secara resmi itu tidak mungkin untuk memperbarui melalui OTA update, namun Anda dapat men-download firmware kustom ROM. Untuk itu mari kita bahas bagaimana cara Upgrade Android Lollipop 5.0 dengan Kustom ROM Cyanogen Mod 12.

manual update, kustom ROM, android, Android 5.0 Lollipop

Persiapan:

> Pastikan baterai ponsel terisi penuh atau setidaknya tersisa minimal 50%.

> Aktifkan USB Debugging pada ponsel melalui "Settings> Applications> Development> USB debugging".

> Backup data-data di Samsung Galaxy S2 seperti SMS, Call Log, Internet Settings dll menggunakan applikasi yang diperlukan, dan kemudian transfer ke komputer sehingga dapat dikembalikan setelah firmware tersebut diperbarui.

> Semua driver yang diperlukan harus telah terpasang di komputer.

>  Pastikan ponsel telah di-root terlebih dahulu. Untuk memeriksa apakah ponsel sudah di-root atau belum, dapat diperiksa dengan bantuan aplikasi Root Checker yang dapat  didownload dari Google Play Store. Dan jika ternyata ponsel belum di-root, coba lihat artikel tentang panduan rooting perangkat Android yang bisa dilihat disini.

Perhatian: Ikuti semua petunjuk yang disebutkan dalam artikel ini dengan seksama, dan jika ada kerusakan yang disebabkan karena tidak mengikuti petunjuk dengan benar, maka saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi.

Langkah-langkah Update Firmware Galaxy S2 GT I9100 dengan Android 5.0 LOLLIPOP:

> Download Paket Firmware Android Lollipop 5.0 dan Paket Google Apps ke komputer.

>  Hubungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB, dan tempatkan dua file zip tersebut di SD Card ponsel. Pastikan untuk tidak menempatkan file-file tersebut ke dalam sub folder.

>  Lepaskan peonsel untuk masuk ke mode recovery. Jika Anda telah menginstal aplikasi ROM Manajer dari Play Store, masukkan ponsel dalam mode recovery. Anda juga dapat masuk ke mode recovery melalui metode manual dengan cara mematikan ponsel kemudian tekan tombol Volume Up + Menu.

> Dalam mode recovery, pilih opsi “install zip from sd card” dan pilih file firmware zip yang telah Anda tempatkan pada ponsel.

> Sekarang, cukup ikuti petunjuk pada layar untuk menerapkan update firmware. Setelah firmware berhasil diperbarui, pilih opsi  “go back” kemudian pilih opsi “clear cache” lalu pilih clear data. Seluruh proses update firmware ini akan memakan waktu sekitar 5-10 menit.

> Setelah itu, pilih opsi reboot untuk mengaktifkan ponsel dalam mode normal.

Catatan: Jika perangkat tidak bisa boot up atau berhenti di layar awal (boot loop), keluarkan baterai dan masukkan kembali untuk booting lagi dalam mode normal. Jika masih terjadi, ulangi langkah-langkah diatas dari awal.