Ubuntu Edge, Ponsel Super yang Menyatukan PC desktop dan smartphone dalam satu perangkat

teknologi, teknologi terbaru, ubuntu, android, ubuntu edge, mobile technology, berita teknologi, news

Ubuntu Edge adalah superphone generasi berikutnya dari komputasi personal: PC desktop dan smartphone dalam satu perangkat.

Ponsel ini memegang janji besar, terutama karena spesifikasi hardware yang gila, tetapi yang paling menarik adalah adanya pilihan dual boot OS Ubuntu dan Android. Canonical sebagai pembuat Ubuntu telah mengumumkan bahwa Ubuntu Edge akan menjadi ponsel pertama yang sepenuhnya konvergen, mampu mentransformasikannya menjadi PC kecil ketika terhubung ke keyboard dan monitor.

Kemampuan untuk dual-boot antara dua sistem operasi yang berbeda tampaknya menjadi salah satu yang cukup masuk akal, tapi tak seorang pun pernah melakukannya sebelumnya. Ubuntu Edge akan menjadi perangkat mobile pertama yang mampu melakukan hal tersebut, dan jika berhasil terwujud maka itu akan menjadi sebuah prestasi besar.

Smartphone ini adalah ajang pembuktian bagi teknologi mobile yang paling canggih di cakrawala perangkat mobile, untuk inovasi mobile yang sebenarnya. Dan di jantung dari semua itu adalah konvergensi: dapat terhubung ke monitor apapun dan ponsel Ubuntu ini berubah menjadi sebuah PC Ubuntu, dengan OS desktop terintegrasi dan akses bersama untuk semua file.

teknologi, teknologi terbaru, ubuntu, android, ubuntu edge, mobile technology, berita teknologi, news

Berawal dari konvergensi komputasi, gagasan bahwa smartphone di saku Anda dapat menjadi otak dari PC di meja Anda. Canonical membentuk Ubuntu sehingga Anda dapat melakukan transisi mulus antara dua lingkungan. Sekarang yang dibutuhkan adalah ponsel yang dirancang dari bawah ke atas yang bisa juga menjadi sebuah PC.

teknologi, teknologi terbaru, ubuntu, android, ubuntu edge, mobile technology, berita teknologi, news

Untuk sebuah ponsel yang dapat menjalankan OS desktop penuh, maka harus memiliki kemampuan dasar dari PC. Untuk itu akan dipilih prosesor multi-core tercepat, setidaknya 4GB RAM dan 128GB memori internal. Baterai akan menggunakan teknologi silikon-anoda, sehingga bisa memeras lebih banyak energi ke dalam dimensi yang sama.

Spesifikasi Ubuntu Edge

Dual boot Ubuntu mobile OS dan Android
Sepenuhnya terintegrasi dengan Ubuntu desktop PC
CPU multi-core tercepat, 4GB RAM, 128GB memori internal
Micro-SIM
Layar 4.5inci 1.280 x 720 HD display kristal safir
Kamera belakang 8mp, kamera depan 2MP
Dual-LTE, dual-band Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 4, NFC
GPS, accelerometer, gyro, proximity sensor, kompas, barometer
Speaker stereo dengan HD audio, dual-mic recording, Active Noise Cancellation
Konektor 11-pin yang menyediakan simultaneous MHL dan USB OTG
3.5mm jack
Baterai Silicon-anoda Li-Ion
Dimensi 64 x 9 x 124mm

Dengan jenis spesifikasi diatas, ponsel ini bisa menjadi PC utama Anda di mana saja dan itu benar-benar berarti di mana saja. Anda dapat menggunakan desktop dimana pun ketika Anda dapat menemukan layar HDMI standar, dan chip dual-LTE akan membuat Anda online dengan 4G bahkan ketika Anda sedang bepergian ke luar negeri. Ini komputer desktop yang sudah benar-benar mobile.

Ubuntu Edge menjalankan produksi eksklusif, yang hanya tersedia melalui Indiegogo, yang sedang menggalang dana untuk memproduksi perangkat ini. Ponsel canggih ini diharapkan sudah tersedia pada Mei 2014.