Fitur-fitur Terbaru pada Android 4.3 Jelly Bean

android, android 4.3, jelly bean,

Google pada 24 Juli akhirnya meluncurkan Android 4.3 Jelly Bean, update berikutnya untuk sistem operasi mobile.

Tablet Nexus 7 terbaru (2013) akan menjadi perangkat pertama dengan Android 4.3 Jelly Bean. Seperti yang diharapkan, mengingat banyak kebocoran yang telah kita lihat di internet yang menjelaskan beberapa fitur baru dari Android 4.3.

Android 4.3 akan membawa kemampuan baru untuk modus multi-user yang sudah tersedia pada Jelly Bean tablet: restricted profile/profil terbatas yang memiliki batasan pada apa yang pengguna dapat lakukan. Berkat fitur profil terbatas, pemilik tablet akan dapat menyesuaikan jenis akses orang lain terhadap perangkat tertentu, fitur yang sangat berguna bagi orang tua yang berbagi tablet dengan anak-anak mereka.

Dalam mode terbatas, aplikasi akan tersedia untuk beberapa profil, tetapi mereka akan berperilaku berbeda. Misalnya, di-app pembelian tidak akan tersedia untuk profil terbatas, sehingga seorang anak tidak akan dapat membeli apapun karena kesalahan.

Bluetooth Smart (atau Bluetooth Low Energy) akhirnya akan didukung oleh Android 4.3, yang berarti pengguna akan dapat memasangkan berbagai perangkat Bluetooth ke perangkat yang berjalan dengan Android 4.3.

Android 4.3 hadir dengan dukungan OpenGL ES 3.0, yang berarti pengembang game akan dapat menawarkan permainan bahkan lebih mengesankan untuk tablet dan smartphone pengguna yang menjalankan Android versi terbaru.

OS baru ini juga membawa DRM API baru yang akan menawarkan enkripsi berbasis hardware untuk video, sebuah fitur yang sudah digunakan oleh aplikasi Netflix untuk Android.

Wi-Fi sering melakukan tugas ganda sebagai layanan lokasi jika Anda tidak ingin meninggalkan GPS di sepanjang waktu. Jika Anda menonaktifkan Wi-Fi untuk menghemat baterai, meskipun ini membawa layanan lokasi dengan itu. Dalam Android 4.3, perangkat Anda dapat melanjutkan pemindaian untuk Wi-Fi dalam mode lebih pasif yang menggunakan baterai jauh lebih sedikit, tapi masih ping untuk jaringan sehingga Anda dapat tetap fitur berbasis lokasi. Ini tersedia di Nexus 7.

android, android 4.3, jelly bean,

Berikut adalah fitur-fitur baru di Android terbaru
1. Bluetooth Smart
2. OpenGL ES 3.0 for better 3D graphics
3. DRM APIs
4. Restricted profiles
5. Easier text input
6. Faster user-switching
7. Support for Hebrew and Arabic right-to-left languages
8. Bluetooth AVRCP
9. Background WiFi location
10. Dial pad autocomplete
11. Dukungan untuk bahasa Hindi, africaans, Amharic, Swahili dan Zulu

Seperti yang Anda lihat, Android 4.3 bukan merupakan update utama, melainkan satu update kecil yang membawa beberapa perbaikan pada OS.