Ide Google terbaru "Project Loon" Balon Internet Setara 3G Untuk Akses Internet Semua Orang


Project Loon merupakan Sistem yang canggih, sebuah balon di ketinggian cukup tinggi yang memberikan akses internet kecepatan 3G seperti ke daerah pedesaan yang belum terjangkau internet.

Proyek terbaru dari Google ini pada awalnya mungkin tampak seperti sebuah lelucon, tetapi Google ternyata serius ketika mengatakan berniat untuk meluncurkan layanan pengiriman internet berdasarkan balon dengan ketinggian tinggi. Sekarang dikenal sebagai "Project Loon" dan sekarang tengah di uji coba keluar dari lengan penelitian perusahaan, GoogleX. Inisiatif ini berawal dari kebutuhan untuk akses internet yang lebih baik di banyak bagian dunia. Seperti yang dijelaskan dalam posting blog resminya tentang proyek ini, 2 dari setiap 3 orang di dunia masih tidak memiliki akses yang dapat diandalkan untuk internet, meninggalkan banyak petak besar dunia di masa lalu.


Daripada mencoba untuk membawa wireline atau internet satelit ke daerah-daerah, yang bisa sangat mahal, dengan Project Loon, Google berencana untuk membuat sebuah sistem balon ketinggian tinggi mengambang bebas untuk membuat jaringan dengan jangkauan yang lebih luas. Dalam pengujian awal nya Google mengatakan dapat menciptakan jaringan yang memiliki kecepatan sebanding dengan jaringan 3G saat ini. Ini merupakan suatu prestasi yang mengesankan mengingat balon ini terbang dua kali lebih tinggi dari pesawat komersial.

Saya kira Project Loon ini sangat cocok di terapkan di Indonesia, mengingat masih banyak daerah-daerah yang belum terjangkau internet, dan meski bagi daerah yang sudah terjangkau internet pun koneksinya masih sangat lamban (lemot).

Membiarkan balon mengikuti angin dan mengandalkan tenaga surya telah terbukti cukup berhasil dalam pengujian ini, dan sementara itu mungkin masih jauh dari penyebaran penuh, namun Google bersedia mencobanya. Anda dapat menangkap lebih spesifik mengenai landasan ilmiah di balik Project Loon di link sumber, atau menonton video pengantar di bawah ini.

Sumber: Google Official Blog