Cara sederhana untuk meningkatkan kecepatan ponsel atau tablet Android

Cara sederhana untuk meningkatkan kecepatan ponsel atau tablet Android

Berbagai jenis ponsel dan tablet Android yang tersedia di Pasaran dari low end sampai high end, tapi seiring dengan waktu kinerjanya kemudian mulai melambat. Ada banyak cara canggih untuk mempercepat ponsel Android, Tapi cara yang tercantum di bawah ini adalah langkah-langkah yang mudah untuk dilakukan.

Berikut ini cara sederhana untuk meningkatkan kecepatan ponsel android agar tidak lemot atau lambat:

Memonitor Aplikasi

Anda perlu memonitor aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi ini sering melakukan ping jaringan dengan sendirinya, walaupun kita tidak menjalankan aplikasi sehingga menyebabkan kinerja handset menjadi turun. Anda dapat menuju ke Settings> Applications> Running services untuk mengakses statistik aplikasi yang berjalan di latar belakang. Uninstall jenis Aplikasi ini jika ditemukan.

Task Killer

Seperti disebutkan di atas Anda perlu memonitor aplikasi. Ada berbagai aplikasi di Play Store yang lebih dikenal sebagai Task Killer untuk mengelola aplikasi (jika Anda menggunakan versi Android lama, untuk versi Android 4.0 ke atas Task Killer tidak diperlukan). Task Killer dapat membebaskan beberapa memori RAM, sehingga ponsel akan berjalan lebih cepat. Atau Anda dapat menghentikan aplikasi yang tidak digunakan dengan menuju ke tombol Menu> Settings> Applications dan pilih Manage Applications> Tekan tab berlabel Running (Menjalankan)> Tekan aplikasi yang ingin dihentikan dan pilih opsi Force Stop.

Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Jika Anda tidak menggunakan Aplikasi, uninstall saja daripada membebani memori telepon. Jika ponsel Anda membutuhkan memori internal yang lapang, Anda dapat mencoba memindahkan aplikasi ke kartu SD Anda sebagai gantinya. Ini pasti akan sedikit mempercepat ponsel Android Anda. Untuk pilihan mengelola aplikasi dapat ditemukan pada tab Setelan (Settings)> Aplikasi (Applications)> Kelola aplikasi (Manage applications).

Meningkatkan kinerja baterai

Seperti Anda ketahui bahwa kinerja Ponsel secara langsung tergantung pada baterai. Untuk meningkatkan kinerja baterai Anda dapat membuat beberapa perubahan seperti mengubah kecerahan layar, mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk meningkatkan umur baterai dengan menginstal aplikasi Battery Boost yang banyak tersedia di Play Store.

Ganti Launcher

Peluncur atau launcher yang dimodifikasi dari HTC, Samsung dan Produsen lainnya dapat memperlambat perangkat Android yang lebih tua. Namun demikian, banyak tersedia launcher sederhana untuk mengganti peluncur bawaan di Play Store yang akan mempercepat Android Anda.

Overclock kecepatan prosesor

Android Overclock adalah contoh dari sebuah aplikasi yang dapat mempercepat prosesor pada perangkat Android Anda. Tetapi, aplikasi ini harus digunakan dengan hati-hati dimana aplikasi ini dapat memiliki dampak positif pada hardware lama yang sedikit lebih lambat.

Widgets dan Animasi

Semua orang menyukai widget cuaca yang apik serta wallpaper bergerak (Live Wallpaper) yang indah. Masalahnya adalah bahwa efek ini cenderung menggunakan banyak kekuatan pemrosesan yang tertinggal dibandingkan kinerja System. Jika Anda memiliki terlalu banyak widget pada layar, lebih baik di uninstall saja dari pada memperlambat ponsel.

Opsi lainnya termasuk membersihkan cache, memindahkan aplikasi ke kartu SD dan opsi nuklir terakhir adalah me-root ponsel Anda. Dengan cara merooting ponsel, Anda dapat men-tweak ponsel Android Anda dengan cara apapun yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat.....