Samsung Klaim Terobosan Jaringan Mobile 5G

Samsung Klaim Terobosan Jaringan Mobile 5G
Samsung Electronics mengungkapkan bahwa pihaknya telah membuat terobosan dalam mengembangkan teknologi mobile untuk jaringan generasi kelima, meskipun akan memakan waktu bertahun-tahun sampai layanan dibawa online untuk pelanggan.

Perusahaan Korea Selatan tersebut mengatakan telah menemukan cara untuk mengirimkan volume data yang besar menggunakan pita frekuensi yang jauh lebih tinggi daripada yang konvensional saat ini, yang pada akhirnya akan memungkinkan pengguna untuk mengirim file data yang besar dengan kecepatan yang lebih cepat melalui perangkat mobile, "praktis tanpa batasan".

Menurut Samsung, teknologi ini bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan di kalangan pengguna ponsel yang secara rutin mengirim dan menerima data dalam jumlah besar. Dengan jaringan 5G, misalnya, pengguna akan dapat mengirim file film super-high-definition dalam hitungan detik.

Namun para analis mengatakan, banyak jaringan masih menggunakan 3G. Teknologi nirkabel tercepat dalam operasi  4G atau long term evolution belum diadopsi secara luas di seluruh dunia, dan pergeseran standar tahap berikutnya cenderung ke jaringan "4.5G".


Para analis pun mencatat, banyak operator seluler masih pada tahap transisi ke teknologi nirkabel 4G dan mereka menjadi seperti harus cepat dalam penggelaran jaringan data nirkabel generasi berikutnya agar transisi ke 5G terwujud seperti yang direncanakan.

"Kompetisi untuk kepemimpinan teknologi dalam pengembangan generasi komunikasi mobile semakin sengit," dan Samsung "yakin ini akan memicu penciptaan aliansi internasional dan komersialisasi tepat waktu layanan mobile broadband".