Hari ini Ponsel telah berusia 40 tahun dari panggilan ponsel pertama


Hari ini Ponsel telah berusia 40 tahun dari panggilan ponsel pertama

Pada tanggal 3 April 1973, Marty Cooper melakukan panggilan publik pertama dari sebuah ponsel yang diberi nama Motorola DynaTAC 8000x sambil berjalan di tengah kota Manhattan, New York City. Panggilan tersebut ditujukan kepada saingannya Joel Engle dari Bell Labs, dan itu menjadi tanda pertama kalinya ponsel pernah berhasil digunakan untuk membuat panggilan.

Ponsel pertama di dunia

Dunia teknologi telah bergerak cepat dalam beberapa dekade terakhir, dan ini juga berlaku bagi perangkat mobile. Ponsel mewakili pergeseran besar dalam cara komunikasi bekerja. Dan tak terbayangkan hari ini ponsel telah benar-benar ada selama empat puluh tahun.

Ponsel telah berevolusi menjadi perangkat multi fungsi, dengan prosesor quad-core dan bahkan octa-core, layar full HD dan ratusan ribu aplikasi. Dengan semua itu beratnya rata-rata hanya empat sampai enam ons saja. Bandingkan dengan ponsel pertama, Motorola DynaTAC 8000x beratnya 2,5 kilogram, dengan panjang 10-inci, dan memiliki baterai yang mampu tahan 20 menit waktu bicara, dan sinyal yang digunakan adalah sinyal analog bukan sinyal digital seperti saat ini.

evolusi ponsel / perkembangan ponsel

Dulu, ponsel merupakan barang mewah dan tentu saja sangat mahal sehingga tidak terjangkau untuk kebanyakan orang. Kini teknologi ponsel telah menjadi jauh lebih terjangkau dan banyak dari kita telah memiliki ponsel yang berbeda mungkin di tiap tahunnya. Bagi saya, ponsel pertama saya adalah Nokia 3310, atau mungkin Sony Ericsson T100.  Bagaimana dengan Anda, apa ponsel pertama Anda?