Mahasiswa Indonesia Pecahkan Rekor Studi Tercepat



Putra Indonesia kembali mencatatkan prestasi mengagumkan. Purba Purnama, mahasiswa program kombinasi master-doktor University of Science and Technology di Korea Selatan menyelesaikan program studi master dan doktor sekaligus dalam waktu 3.5 tahun yang lazimnya diselesaikan dalam waktu 5 tahun.

Dalam wisuda di International Cooperation Building, Korea Institute of Science and Technology (KIST), Seoul, baru-baru ini, Purba juga mendapat penghargaan "Academic Excellence Award" dari KIST. Purba lulus dari bidang biopolimer. Demikian keterangan pengurus Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4).

Pemegang beasiswa International R&D Academy dari KIST, Korea Selatan, ini pernah terlibat dalam berbagai organisasi. Purba menjadi kepala klaster Inovasi dan Teknologi I-4, pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia di Korea (Perpika) dan juga aktif dalam kegiatan bersama Pioneers for Advancement of Technology in Asia-Africa (PATA) di Korea Selatan.

Purba menjelaskan, saat tiba di Korea, pembimbingnya bilang ia boleh lulus kapan pun mau jika memiliki banyak publikasi di jurnal internasional. Menurut Purba, aturan normal program kombinasi master-doktor adalah empat tahun. "Dari sini saya bertekad untuk memecahkan aturan itu dengan lulus lebih cepat dari waktu minimum 4 tahun. Alhamdulillah saya bisa memecahkan rekor studi tercepat untuk program kombinasi master-doktor sekaligus dalam waktu 3.5 tahun," ujarnya.

Selama studi, Purba sudah berhasil mempublikasikan penelitiannya di jurnal-jurnal internasional. Purba memiliki tujuh publikasi di jurnal-jurnal internasional bidang polymer, dua Korean Patent dan satu US patent.

Presiden KIST menyatakan, Purba seringkali mendapat penghargaan dari KIST maupun UST atas prestasi-prestasi yang diraihnya. Sebelum diwisuda, Purba disodori proposal untuk melanjutkan jenjang post-doctoral di Laboratorium Biomaterial Research Center, KIST, untuk melanjutkan penelitiannya.

Sumber: http://www.metrotvnews.com/