Memahami DirectX

DirectX memiliki banyak kegunakan pada Windows. Hal ini memungkinkan pengembang untuk standarisasi tertentu tampilan video dan audio, juga membuat aplikasi lebih mudah untuk berjalan di berbagai jenis PC.Sebelum adanya DirectX, programer-programer game membuat sendiri alur antara device dengan software. Arsitektur PC sebelum Windows ini memang sangat rumit.
Namun Microsoft membuat ide sederhana yakni membuat utility yang memudahkan programer ‘berbicara’ secara langsung kepada hardware. Ide ini mulai diperkenalkan tahun 1995 dan akhirnya menjadi standar pengembangan multimedia pada platfrom Windows dengan diberi nama DirectX.

DirectX seharusnya mundur kompatibel. Jadi, jika game dibuat untuk DirectX 8, harus dijalankan jika Anda memiliki DirectX 9 terinstal pada PC Anda. Namun, jika game dibuat secara khusus untuk DirectX 9 akan umumnya tidak berjalan di DirectX 8 atau sebelumnya. DirectX juga memiliki rilis inkremental lebih kecil seperti DirectX 9.0c (yang kecil tetapi memiliki perbedaan-perbedaan penting dibandingkan dengan versi 9.0, 9.0a atau 9.0b). Suatu program yang dibuat untuk DirectX 9.0c umumnya tidak bekerja seperti versi 9.0a. Huruf kecil pada akhir penting.
Jika Anda memiliki versi DirectX dan kebutuhan program rilis yang lebih baru, Anda akan sering melihat kesalahan seperti:
* Unable to find file d3d8.dll, ddraw.dll or d3d9.dll
* Cannot intialize dinput9.dll
* This application has failed to start because d3d9.dll was not found. Re-installing the application may fix this problem.
* dplay.dll has performed an illegal operation dplay.dll
* Fatal Exception error in dplayx.dll Exception
* Access violation error in DirectX file D3D8.DLL
* A required .DLL File, D3D9.DLL, was not found
* Black/empty screen display
* Looping audio, pulsing sound or no sound at all Looping audio,
Untuk memperbaiki sebagian besar masalah-masalah ini, semua yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda telah men-download versi terbaru di sistem anda.
Bagaimana Anda memeriksa versi DirectX yang ada di sistem anda: klik menu Start, kemudian pilih Run. Pada kotak ketik dxdiag dan tekan Enter pada keyboard Anda. Window baru akan muncul dan versi DirectX Anda akan tercantum di bagian bawah.
Jika Anda memiliki versi DirectX yang terinstal di sistem anda dan menginstal versi terbaru, Anda akan melihat sedikit perbedaan dalam ruang yang tersedia pada hard drive anda setelah instalasi. Namun, DirectX 9 akan menghapus semua versi sebelumnya dan Anda tidak bisa ‘resmi’ menghapusnya. Ada banyak utilitas pihak ketiga yang dapat melakukan tugas ini – ini dapat membantu jika instalasi Anda sudah rusak. Gunakan Google Search untuk pencarian ‘DirectX Uninstaller’.
Salah satu bagian menjengkelkan aktif download DirectX yang tersedia dari situs Microsoft adalah bahwa Anda tidak dapat menyimpan file yang Anda download. Jika Anda ingin menginstal paket DirectX pada PC lain, Anda harus men-download setiap kali. Salah satu solusinya adalah untuk mendapatkan ‘Redist’ versi – semua file di-download dalam satu paket (bukan yang aktif download).
Catatan: Anda tidak bisa update DirectX pada Windows NT. Versi terbaru yang tersedia untuk Windows 98 atau Me adalah DirectX 8.1. Semua rilis Windows harus menggunakan DirectX 9.