Daftar Istilah Komputer

Motherboard
Chipset
Chips atau chipset merupakan potongan-potogan kecilsilikon yang digunakan untuk menimpan informasi dan instruksi . Setiap komponen computer memeiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang mendasar dari computer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D, dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan contoh chip yang sangat penting. Chipset motherboard, misalnya X58, 790GX, P55, dan banyak lagi lainnya.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memory utama, dan juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.
HSF (Heat Sink Fan)
Sebuah komponen CPU yang digunakan untuk menyerap panas, biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan sebagai penyerap panas ini akan meningkatkan kemampuan operasional CPU.
IDE (Integrated Drive Electronics)
Sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan hard-disk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC. IDE sangat popular dan banyak digunakan karena menyediakan cara yang terhitung ekonomis untuk menghubungkan komponen-komponen hardware.
IDE Controller
Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya, serta me-management-nya.
LGA775 (Land Grid Array)
Jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel, dimana kini pin berada di-socket, bukanya di processor lagi. Sedangkan angka 775 menunjukkan banyaknya kaki-kaki pin processor.
MicroATX
Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang diakomodasi oleh motherboard, atau juga casing untuk menempatkan motherboard tesebut.
Northbridge
Salah satu dari dua chip pada chipset yang menghubungkan processor ke memory system dan bus AGP dan PCI. Chip lainnya adalah Southbridge.
PATA/ATA
Parallel Advanced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara parallel dari disk drive dengan controller bebasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.
SATA (Serial ATA)
Suatu evolusi dari paralel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial melalui singel kabel dengan minimum 4 kawat, dan terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.
VIDEO CARD
API (Application Programming Interface)
Sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain game atau aplikasi. Dengan adanya standar API ini, pengembang tidak harus menspesifikasikan aplikasi yang dibuatnya berdasarkan arsitektur hardware tertentu. Intinya, API berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan antara pengembang (programmer), dengan hardware.
Core Clock
Nilai fekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi ini, maka semakin tinggi kinerjanya. Nilai frekuensi ini dinyatakan dalam satuan Hz (Hertz).
Direct3D
Salah satu fungsi API pada microsoft DirectX. API ini digunakan untuk kontrol terhadap rendering grafis 3D
D-Sub
Standar output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.
DVI-I
Salah satu varian DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI sendiri merupakan konektor yang digunakan pada monito LCD yang sangat efektif untuk mengurangi noise video saa dilakukan konversi dari digital ke analog, dan kembali ke digital lagi.
GPU
Graphic Processing Unit adalah processor yang digunakan pada video card dalam pemrosesan data grafis.
OpenGL
Sebuah 3D API yang didesain oleh badan standar independen. OpenGL dapat digunakan pada model hardware manapun.
PCI Express (PCIe)
Sebelumnya dikenal dengan nama 3GIO (3rd Generatin I/O). Saat ini, video card menggunakan interface jenis ini untuk meningkatkan bandwidth transfe data.